Sabtu, 08 September 2012

Disain Tata-letak Toko yang Menguntungkan

Jika Anda adalah seorang pedagang/ usaha toko, menurut ilmu Feng shui perlu ingat beberapa tips berikut ini yang akan membawa feng shui toko yang Baik.
Pertama, Anda harus membiarkan pintu toko membuka ke ruang kosong kecil, yang tidak mempunyai kabinet, tirai atau furniture yang menghalangi chi memasuki toko Anda.
Kedua, Anda harus memilih bentuk untuk lemari pajangan Anda sesuai dengan sudut tempat lemari itu berada. Pastikan Anda tidak menempatkan kabinet atau meja dengan sisi tajam yang mengarah ke pintu masuk.
Ketiga, jika Anda ingin pelanggan membeli produk Anda begitu Anda berhasil mengundangnya masuk, Anda harus merancang aliran lalu lintas dalam toko yang berliku, bukan bergerak lurus. Lalu lintas berliku sangat bagus untuk bisnis.
Yang tak kalah penting, selaraskan unsur bisnis Anda. Jika bisnis Anda adalah perhiasan, buatlah lemari pajangan Anda berkelok karena bisnis batu permata dan perhiasan merupakan unsur logam. Bisnis itu akan sangat beruntung karena bentuk yang berlekuk. Hindari merah dalam dekorasi karena api menghancurkan logam dan tidak bagus untuk bisnis itu. Energi tanah sebaliknya, akan menguntungkan Anda. Jadi, tempatkan benda dari tanah liat dan kristal.
Jika bisnis Anda adalah barang antik, dan tokoh-tokoh religius hendaknya diperlakukan dengan hormat. Misalnya, dengan menempat/kan di atas meja--lebih tinggi dari orang-orang yang lalu lalang. Karena benda antik banyak memberi energi yin, buatlah toko Anda terang. Biarkan ada musik di toko, bahkan cat dinding dengan warna yang.
Bila Anda memiliki toko suvernir dari bahan kayu, untuk mengaktifkan chi keberuntungan dengan menempatkan tanaman lebat, boleh palsu, tetapi harus terlihat segar dan bersemangat. Tempatkan lampu terang di luar pintu masuk untuk menciptakan energi yang.
Satu upaya lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penghasilan dari toko Anda adalah bel berdenting. Pemilik toko bangsa Tionghia selalu tahu tentang keampuhan bel berdenting untuk menarik pelanggan. Bel logam kecil itu menciptakan chi baik tiap seseorang membuka pintu untuk masuk ke dalam toko, dalam proses membawa masuk keberuntungan yang dibutuhkan untuk meningkatkan penghasilan toko.
Metode itu khususnya efektif untuk toko yang menjual barang-barang pribadi dan produk seperti toko permata, butik pria dan wanita dan toko aksesoris.
Bel berdenting dapat dibuat dari semua jenis logam. Untuk meningkatkan efektifitas bel, ikatkan pita merah untuk mengaktifkan energi yang intrinsiknya. Jumlah bel yang ideal adalah 6 atau 7. Meski begitu, kebanyakan pemilik toko hanya memiliki sepasang bel. Ada dua metode dalam menempelkan bel ke pintu, yaitu: bel dapat ditempelkan pada pegangan pintu di luar toko atau dapat ditempelkan di atas pintu sehingga jika pintu terbuka, belnya akan berbunyi. Pemilik toko Tionghoa juga sangat percaya pada penempatan cermin besar di dalam toko mereka. Itu tidak hanya menggandakan produk yang dipajang sehingga menyatakan kemakmuran toko yang memiliki persediaan banyak.
Cermin juga menciptakan banyak energi yang karena menggandakan aktivitas di dalam toko. Cermin melakukan hal hebat untuk penghasilan bisnis jika memantulkan mesin kas. Jangan menggunakan cermin tangan yang kecil.
Jika toko Anda mempunyai pilar, bungkuslah dengan cermin. Begitupun dengan lemari pajangan, bungkus dengan cermin. Jika mungkin, tempatkan cermin di dinding sekeliling toko, kecuali yang menghadap langsung ke pintu masuk. Dengan cara ini, semua produk yang dipajang akan dipantulkan oleh cermin. Semua pelanggan pun akan dipantulkan oleh cermin dinding. Itu menggandakan nasib baik.
Benda pembawa keberuntungan lainnya adalah katak berkaki tiga. Tempatkan katak berkaki tiga dekat pintu masuk, tapi menghadap ke dalam seolah-olah baru masuk rumah. Jangan biarkan katak itu menghadap langsung ke pintu. Itu melambangkan emas keluar dari rumah.
Tempat terbaik untuk katak adalah di sudut diagonal terjauh dari pintu depan. Taruh di bawah meja, di dalam lemari atau tersembunyi di bawah kursi dan furniture lain.
Simbol katak tidak boleh ditempatkan di dapur atau kamar mandi dan toilet. Tempat yang salah/ tidak bagus itu membuat sifat katak menjadi ganas, bukannya membawa rezeki, malah cenderung menarik chi nasib buruk yang menyebabkan kesialan pada energi toko. Inilah ada beberapa tips yang semoga bermanfaat bagi Anda.

Lonceng Angin Menghalau Chi Buruk
Mungkin salah satu pengobatan yang paling efektif dan ampuh dalam feng shui adalah dengan menggunakan lonceng angin (windchime). Nyatanya, bila Anda ingin mempraktekkan feng shui dengan baik, Anda harus terbiasa dengan penggunaan dan penyalahgunaan lonceng angin.
Lonceng angin merupakan lempengan-lempengan tipis logam atau keramik yang bila tertiup oleh angin akan menciptakan suara yang merdu karena lempengan itu saling mengenai satu sama lain.
Selalu ingat bahwa lonceng angin adalah salah satu pengobatan terbaik untuk membuyarkan energi negatif yang berbahaya yang disebabkan oleh pengaruh bintak buruk yang keluar masuk ke ruangan membawa bencana, kemalangan dan kecelakaan di manapun mereka sementara tinggal.
Ketika membeli lonceng angin, pertama-tama Anda harus menguji suaranya dengan menggoyang-goyangkannya. Bila bunyinya menyenangkan dan menyejukkan, lonceng angin itu jelas bagus. Sebaliknya, bila lonceng angin menghasilkan suara melengking, tidak bening dan terasa seperti menyayat-nyayat saraf, lonceng angin itu membuat Anda jadi semakin tidak nyaman seiring berlalunya waktu.
Dalam menentukan letak lonceng angin, Anda harus mempelajari situasi rumah secara cermat. Jika tidak, menggantungkannya ditempat yang salah justru akan mendatangkan nasib buruk, alih-alih keharmonisan.
Meletakkan lonceng angin pada bukaan pintu, jelas tidak baik karena ketika pintu dibuka, chi yang kuat akan mengakibatkan lonceng angin terayun-ayun tak terkendali. Dengan demikian, chi yang tak terarah itu akan tersebar ke dalam secara tidak baik.
Bila lonceng angin ditempatkan di engsel pintu, tidak akan membantu menangkap aliran chi. Biasanya pintu tidak dibuka penuh ketika seseorang memasuki rumah. Karena itu, lonceng angin di engsel pintu tidak efektif.
Lonceng angin tidak boleh digantungkan terlalu rendah, karena orang akan terpaksa membungkuk-bungkuk untuk menghindarinya. Sikap badan seperti itu seperti kowtow atau setengah bersujud ke arah rumah seseorang. Penempatan seperti itu tidak disarankan.
Sebuah lonceng angin tidak boleh dipasang secara permanen, sehingga tidak dapat bergoyang tertiup oleh angin sekeras apapun. Karena, bila demikian halnya, lonceng angin itu tidak memberi pengaruh feng shui sama skeali, tetapi hanya menjadi sebuah hiasan dalam rumah.
Sebuah lonceng angin seharusnya diletakkan pada posisi sentral atau di tengah sisi atas lubang pintu sehingga akan menangkap aliran cepat chi yang datang dan menyebarkannya secara merata ke seluruh bagian dalam rumah.
Lonceng angin bisa menjadi "obat" untuk mengatasi masalah sindroma dari pintu ke pintu. Karena chi akan lenyap dalam situasi di mana sebuah pintu berhadapan dengan pintu lainnya. Dengan demikian, sebuah lonceng angin yang diletakkan di pintu depan akan memperlambat kekuatan chi yang masuk dan menyebarkan chi ke bagian-bagian rumah.
Menghadapi sindroma tiga pintu--tiga pintu yang dipasang segaris lurus mengakibatkan chi hanyut dan hilang--. Di sini diperlukan dua buah genta angin, bukan hanya satu.
Lonceng angin dibutuhkan untuk masalah pintu utama yang menghadap langsung ke balkon. Tata letak itu biasa ditemukan di apartemen dan kondominium, yang mana pintu utamanya langsung menghadap ke pintu balkon. Lonceng angin yang diletakkan di pintu depan akan memperlambat dan menangkap chi untuk diedarkan ke bagian-bagian lain apartemen sehingga bermanfaat bagi area-area tersebut.
Sebuah pintu utama yang menghadap ke tangga memiliki chi yang mengalir ke atas melalui tangga tanpa memberikan manfaat bagi lantai dasar rumah. Oleh karena itu, sebuah lonceng angin harus diletakkan di depan pintu utama.
Pintu utama yang menghadap ke pintu gudang di bawah tangga dapat menangkap chi yang datang dan memasuki ruangan. Chi yang terperangkap kemudian akan basi.
Karena chi mati yang menghadap ke pintu utama tidak akan memperkuat keberuntungan seseorang, letakkabnlah sebuah lonceng angin di pintu utama untuk mengarahkan chi ke bagian lain rumah. (Tri Wahyuni)

Kenali Penghalang Sukses dari Rumah Anda
Kebanyakan dari kita seringkali mengamati ke luar rumah untuk mengetahui apakah di sekitar sana ada penghalang yang dapat merusak feng shui rumah kita. Apakah penghalang tersebut dalam bentuk sebuah pohon, sebuah tiang rambu lalu lintas atau sebuah bukit kecil. Namun, sebuah pa kua akan sangat bermanfaat untuk menangkis energi yang negatif (sha chi) itu.
Ada kalanya penghalang itu berada di dalam kompleks bangunan kita sendiri, bukannya di luar tembok pembatas kebun. Penghala seperti itu bisa menjadi sangat serius dan merusak kesejahteraan, karena bisa mempengaruhi tanpa kita sadari. Itulah yang disebut penghalang fatal atau penghalang jarak dekat.
Biasanya, posisi penghalang yang fatal itu adalah bila akhir jalan masuk utama ke sebuah rumah berhadapan dengan sebuah pilar atau tempok pejal tanpa lubang (baik lubang pintu, lubang jendela dan sebagainya).
Bila penghalang itu berupa tembok pejal, setiap kali seorang penghuni membuka pintu untuk meninggalkan rumahnya, pangan matanya pun akan terantuk ke penghalang fatal tersebut. Anggaplan ia menggunakan pintu utama itu lima kali sehari dalam sepekan. Secara keseluruhan ia akan mengalami 35 kali konfrontasi dengan tembok tersebut. Dalam setahun, secara harafiah, pandangan matanya harus "menabrak" tembok itu sebanyak 1.820 kali.
Apakah penghalang itu berupa sebuah pilar atau tembok tanpa lubang. konfrontasi yang cukup sering terjadi itu secara tidak sadar dapat membuat jiwanya terpengaruh juga. Hasil akhirnya akan terwujudkan dalam persoalan-persoalan yang harus ia hadapi setiap harinya.
Beberapa penghalang umum yang seringkali terabaikan beserta cara-cara untuk mengatasinya.
Bila pintu utama membuka ke arah tembok yang sejajar dengan rumah, persoalan itu bisa diatasi dengan mudah dengan menggantungkan sebuah cermin bundar atau bulat telur pada tembok.
Bila pintu utama dari rumah itu masih berhadapan dengan tembok, meski telah dibuat agak menyudut, upaya yang bisa dilakukan sama dengan pintu utama menghadap tembok. Caranya dengan menempatkan cermin bundar atau bulat telur di depan tembok depan pintu utama.
Dua pilar yang diletakkan tepat di luar jalan masuk memang dapat menciptakan pemandangan yang bernilai seni. Hanya saja,karena terlalu dekat dengan pintu utama dan dalam kenyataannya Anda harus berjalan ke pilar itu setiap kali Anda akan meninggalkan rumah, konfrontasi yang fatal itu akan terlihat.
Untuk itu, Anda dengan mudah dapat mengatasinya dengan meletakkan tanaman yang tinggi dalam pot untuk menahan pengaruh buruk konfrontasi.
Bila persoalan Anda adalah menghadap ke lubang sampah, sebagai awalnya Anda dapat memindahkan pintu lubang sampah itu ke samping. Dengan demikian, lubang sampah itu tidak menghadap ke pintu utama Anda secara langsung. Letakkan juga tanaman dalam pot dekat pintu lubang sampah sebelumnya.
Taman berperan penting dalam meningkatkan feng shui Anda. Memiliki taman di sekitar rumah, meskipun kecil, mampu menarik energi yang berharga untuk mengitari rumah. Kehadiran tanaman hijau dan sehat menarik energi vital yang membawa keberuntungan.
Rumah yang terisi dengan tanaman yang tumbuh subur, secara langsung menyatakan kehadiran napas kosmis naga. Di masa lalu, satu metode yang digunakan oleh master feng shui untuk menciptakan sarang naga adalah dengan melihat kehijauan di sepanjang sisi gunung.
Itu merupakan tempat tumbuhnya rumput yang kuat dan hijau yang mewakiliki tempat berdiamnya naga hijau. Tempat seperti itu dianggap menikmati melimpahnya napas kosmis yaitu sheng chi baik. Jadi satu cara untuk mengatasi masalah pintu utama adalah memelihara tanaman. Pastikan tanaman tersebut tumbuh subur, rimbun dan sehat. (Tri Wahyuni)
Pentingnya Memiliki Atap yang Benar
Aturan utama feng shui selalu berhubungan dengan konsep pelindung. Agar ruang pribadi Anda beruntung, ruang itu harus memiliki pelindung yang layak sehingga Anda dilindungi dari unsur-unsur --angin, hujan dan matahari. Karena itu banyak pakar feng shui menyarankan untuk membangun rumah dengan atap yang layak.
Atap rumah sama dengan topi di atas kepala seseorang. "Topi" harus ditempatkan dan dirancang sebaik-baiknya. Jika tidak, berbagai ketidakseimbangan akan membawa masuk feng shui yang tidak baik ke dalam rumah.
Bentuk segitiga biasa sangat bagus karena membiarkan kelebihan air mengalir ke bawah dan tidak mengumpul di atap. Segitiga itu dapat menciptakan masalah bagi tetangga jika puncak segitiga langsung mengarah ke pintu seseorang. Cobalah untuk tidak membuat hal itu terjadi karena tetangga Anda dapat menggunakan cermin Pa Kua dalam mengatasi atap Anda yang dapat mengirim energi berbahaya ke rumah Anda.
Bila atap dibuat miring satu sisi, ke sisi mana pun miringnya atap bisa membuat keberuntungan penghuninya terkikis.
Untuk atap yang besar di depan, namun kecil belakangnya, melambangkan orang yang sukses pada mulanya, tetapi keberuntungan semakin berkurang pada akhir hidupnya.
Atap yang berbentuk uang logam berbentuk seperempat lingkaran. Bentuk seperti empat lingkaran nyaris tidak berisi chi sehingga memiliki bentuk atap seperti itu tidak akan membawa banyak kebaikan. Bentuk itu justru akan mempengaruhi vitalitas penghuninya.
Bentuk atap rumah Anda berbentuk bulan sabit sangat cocok untuk mereka yang bekerja di angkatan bersenjata, karena banyak memiliki unsur logam.
Dalam membuat atap usahakan agar dibuat seimbang dengan besaran rumah. Atap yang terlalu besar menciptakan feng shui yang buruk. Hal itu merupakan lambang bahwa orang tersebut akan selalu tidak beruntung. Atap berbentuk tanduk akan "membelah" rumah tersebut. Dengan demikian, keluarganya pun akan terbelah pula.
Bangunan yang memiliki dua lantai atau lebih sebaiknya tidak menggunakan atap rata. Rumah dengan atap datar dianggap sebagai pelindung yang kurang layak. Bangunan yang "mencolok" seperti itu harus menggunakan atap yang semestinya. Jika tidak, akibatnya, feng shui-nya akan menjadi buruk.
Atap bulat yang tanpa awal maupun akhir merupakan bentuk kesempurnaan. Biasanya digunakan oleh kelompok-kelompok agama.
Atap piramida adalah bentuk kuat yang misterius yang memiliki energi yin yang hebat. Karenanya sangat bagus jika digunakan untuk museum dan tempat yang memanfaatkan energi yin. Atap seperti itu memiliki kekuatan-kekuatan mistik. Atap bentuk piramida tidak sesuai untuk tempat tinggal yang. Selain itu, bentuk itu juga tidak sesuai dengan blok kantor dan kompleks pertokoan.
Satu kata tentang atap berwarna biru adalah berbahaya. Salah satu indikasi bahaya terkait dengan konsep air di atas gunung. Menurut master feng shui, air di atas gunung memecahkan bendungannya dan tumpah hingga menyebabkan kehilangan, kelaparan dan kematian. Karena itu, air di atas atap dianggap feng shui yang sangat buruk. Genteng terbaik untuk atap adalah yang berwarna merah tua dan merah. (Tri Wahyuni)

Benarkah Kamar Tidur Bisa Mempengaruhi Kesejahteraan
Bila chi kamar tidur anda bagus, itu pasti akan memberikan kebahagiaan tersendiri. Chi baik, penting di kamar tidur utama, untuk menangkal energi pengganggu di tempat itu, yang dapat membawa masalah perkawinan.
Feng shui kamar tidur itu memiliki pengaruh penting terhadap kebahagiaan perkawinan pasangan, juga kesejahteraan anggota keluarga. Jika chi kamar tidur harmonis dan kondusif pada nasib baik, keluarga akan menikmati hubungan yang bahagia. Satu sama lain akan saling mendukung dan setiap anggota akan mengisi peran masing-masing dalam keluarga. Kesehatan tidak terusik dan tidak akan ada perpisahaan perkawinan atau perceraian.
Jika chi di kamar tidur tidak harmonis, itu akan mengembangkan kepahitan di antara pasangan. Hubungan suami-istri tidak akan bertumbuh dan bisa tidak saling mendukung sehingga perkawinan tidak bahagia. Mungkin saja akan ada intervensi dari pihak ketiga dalam perkawinan yang membawa pada ketidaksetiaan, frustasi, pertengkaran dan tuduhan-tuduhan negatif. Komunikasi pasangan dan nggota keluarga terhenti dan energi ketidakbahagiaan mengambil alih.
Disarankan untuk mengusahakan feng shui yang baik, khusus untuk tempat tidur karena itu sangat penting dalam menentukan kualitas hubungan seseorang dengan orang yang dicintainya. Namun, feng shui tidur (untuk kesuksesan) tidak hanya merujuk pada kebahagiaan antara pasangan.
Makna keberhasilan di sini merujuk pada makna yang lebih luas, karena bila feng shui tidur Anda baik maka kebahagiaan terwujud di seluruh bidang kehidupan. Anda akan menikmati kesuksesan kerja dan kesuksesan dalam semua bidang. Kesehatan Anda akan baik dan Anda akan memiliki rumah dan kehidupan keluarga yang bahagia. Jadi, bagaimana seseorang memastikan feng shui yang baik di tempat tidur mereka?
Untuk memulai, periksalah kamar tidur Anda untuk melihat apakah kamar Anda bentuknya teratur. Bentuk terbaik adalah bujur sangkar atau persegi. Bila bentuknya tidak teratur, lebih baik menggunakan unsur dekorasi warna dan perabotan untuk mencapai efek keseimbangan.
Ingatlah, dalam feng shui yang baik, disain, keseimbangan, simetri dan harmoni adalah aturan dasar. Singkirkan semua yang berlawanan dengan itu dan Anda akan berada pada jalur yang baik. Jika Anda memiliki kamar mandi di dalam kamar, biarkan itu terpisah dan jangan biarkan itu menciptakan kamar tidur berbentuk L.
Toilet dari kamar tidur berbentuk L sering merupakan penyebab masalah yang saling berkaitan. Dua masalah yang paling merusak lainnya adalah sudut yang hilang, dan bila toilet ditempatkan di sudut ruangan yang berhubungan dengan arah baik penghuni, akan menyebabkan rasa tertekan penghuninya. Sudut dapat menciptakan panah beracun yang dapat ditujukan ke tempat tidur.
Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa membuyarkannya dengan chi pembunuh dari sudut itu dengan cara menutupinya yang merupakan kamuflase cerdik, seperti tirai atau lemari. Tetapi jangan gunakan tanaman di dalam kamar karena tanaman terlalu berenergi.
Jika Anda mem-feng shui kamar tidur, Anda perlu menilai segalanya di sekitar tempat tidur. Itu berarti Anda harus memperhatikan benda-benda di sekitar tempat tidur. Karena ketika Anda tidur, Anda dalam keadaan paling lemah. Sangat penting bahwa chi yang mengelilingi Anda dapat memberi istirahat yang baik.
Hal itu dapat dicapai dengan banyak cara. Menurut berbagai metode feng shui, yang paling ampuh adalah melalui penempatan tempat tidur. Tidak sulit memindahkan, menghalangi atau membuyarkan kehadiran benda-benda berbahaya atau ganas dari lukisan, benda dekorasi, ujung furniture dan hiasan lainnya. Jika Anda merasa terganggu dengan benda-benda tersebut, ikuti kata hati dengan memindahkan ke tempat lain.
Jika Anda tidak nyaman dengan apa yang ditaruh pasangan, ibu atau kakak di dalam kamar tidur Anda, sembunyikan saja dalam lemari. Kadang-kadang boneka yang lembut yang tampak lucu bagi satu anak bisa tampak ganas bagi yang lainnya. Namun, Anda jangan jadi paranoid. Caranya, dalam melakukan pembersihan ruang kamar tidur, cobalah bersikap santai. (Tri Wahyuni)a

Angka Yang Membawa Keberuntungan

Angka memiliki implikasi feng shui pada karier dan kesuksesan bisnis. Ada angka baik dan angka yang sial. Pada nomor telepon, kartu kredit dan rekening bank, bangsa Tionghoa suka mengakhiri angka seringnya dengan angka 8 karena mereka percaya hal itu akan memberi rezeki pada rekening bank mereka.

Mereka tidak akan membiarkan angka penting dalam kehidupan komersial mereka memiliki angka sial. Ada seorang taipan di Hongkong yang rela mengeluarkan uang jutaan dolar untuk mendapatkan angka 8 pada plat nomor mobilnya. Angka bagus adalah angka yang berakhir dengan semua angka beruntung, yaitu 1, 6, 7, 8 dan 9. Semua angka itu merupakan angka yang sangat beruntung, tapi angka 8 tampaknya paling populer, karena terdengar seperti phat yang dalam bahasa Tionghoa berarti pertumbuhan yang makmur. Jika angka itu diawali dengan 6,7,8 dan 9 maka keberuntungan dianggap ganda.

Angka 9 dianggap sebagai angka utama oleh banyak master feng shui karena melambangkan kepenuhan langit dan bumi. Angka 9 tidak pernah berubah berapa kali pun dikalikan. Angka 9 dikalikan berapapun tetap 9. Misalnya, 9X3= 27 dan 2+7=9, dan seterusnya... Anda dapat mengujinya sendiri dan lihatlah kekuatan angka 9.

Sedangkan angka 1,6,8 secara bersamaan, dalam urutan apa pun, dianggap kombinasi paling bagus yang menyatakan keberuntungan besar. Angka 7 adalah angka yang beruntung karena merupakan angka yang menyatakan periode itu. Angka itu akan berhenti menjadi angka yang beruntung per tahun 2003, setelah 8 menjadi angka periode berikutnya, yaitu tahun 2004 sampai 2023. Untuk itulah, angka 8 sangat disukai--karena mewakili kemakmuran sekarang dan masa depan.

Angka 4 sangat tidak populer karena dianggap angka mati karena terdengar seperti "mati". Bagi banyak orang, angka 4 memberi banyak rezeki! Dalam feng shui, angka 2 dan 3 serta angka 5 dan 2 yang tampil secara bersamaan dianggap kombinasi buruk yang membawa pada kesalahan yang membawa masalah besar. Angka 5 yang tampil sendirian pun buruk. Jika dalam feng shui muncul angka 5 akan timbul masalah besar.

Di New York (Amerika), beberapa tahun terakhhir ini semua bangunan memiliki angka yang dipajang secara mencolok di depan bangunan. Itu mungkin merupakan syarat dan berhasil untuk semua bangunan dengan angka bagus. Namun, buruk untuk bangunan yang memiliki angka mati. Jika Anda cukup beruntung memiliki angka bagus dalam alamat gedung Anda, pajang angka beruntung itu dengan menyolok untuk mebawa nasib baik.

Mendorong Keberuntungan
dengan Jendela

Bila Anda tidak memiliki pintu yang menghadap salah satu arah Kua yang bagus, lihatlah apakah Anda dapat mengaktifkan jendela.
Bukalah jendela sesering mungkin dan lihatlah keluar jendela itu sehingga melambangkan Anda menerima chi yang datang dari arah itu. Bila pemandangannya bagus, keberuntungan akan lebih meningkat. Misalnya, bila ada pemandangan air atau sungai yang mengalir melalui jendela, itu akan menggantikan fakta bahwa Anda tidak dapat menggunakan salah satu arah penting untuk pintu utama Anda.
Anda juga dapat memiliki lebih dari satu jendela beruntung. Nyatanya, apabila Anda dapat menemukan jendela beruntung yang menghadap ke semua empat arah baik Anda, adalah ide baik untuk mengaktifkan keempat jendela dengan membukanya sebanyak mungkin.
Sekali lagi, Anda dapat mengaktifkan jendela menurut letak mereka dalam hal arah kompas rumah Anda. Juga, begitu Anda tahu arah dari mana chi baik datang melalui jendela adalah ide bagus untuk menempatkan pengaktif energi di dekatnya untuk menarik chi bagus.
Anda juga dapat membesarkan jendela yang bagus dan mengaktifkan keberuntungannya dengan menempatkan benda dekorasi seperti kapal layah yang penuh emas, kristal dan tanaman berdaun bundar yang sehat.
Namun, kaca yang retak, kotor atau cat terkelupas adalah feng shui yang buruk. Anda harus memperbaiki dan membersihkan jendela sebelum Anda mengaktifkan daerah tersebut. Jika tidal, Anda memperbesar energi buruk, yang menciptakan situasi buruk untuk diri Anda.
Jendela yang membuka keluar selalu lebih beruntung daripada jendela yang digeser ke atas dan ke bawah. Karena ketika jendela membuka keluar, energi basi akan mengalir ke luar dan hal itu mengundang keberuntungan.
Kendati demikian, banyak orang yang memiliki jendela yang geser ke atas dan ke bawah. Untuk meningkatkan keberuntungan jendela itu adalah ide bagus untuk membingkai jendela dengan cat yang lebih gelap. Biarkan chi dari luar tahu bahwa ada pembukaan di mana chi dapat memasuki rumah.
Hal terpenting tentang jendela adalah: Pertama, jendela tidak boleh ada terlalu banyak. Rasio tiga jendela untuk satu pintu sudah cukup.
Kedua, jendela tidak boleh menempati setiap dinding ruangan. Konfigurasi terbaik adalah bahwa hanya dua dinding yang mempunyai jendela. Terlalu banyak jendela akan melambangkan kehilangan kekayaan dan penghasilan.
Ketiga, jendela tidak boleh menghadap langsung dengan pintu utama. Chi terbang ke dalam dan keluar dengan cepat. Efeknya seperti memiliki cermin yang langsung menghadap pintu depan dan itu tidak bagus.
Tips letak jendela untuk menarik chi keberuntungan: Jendela yang menghadap utara: tempatkan spons di dekat jendela untuk menarik energi air.
Jendela yang menghadap selatan: tempatkan kayu di dekatnya untuk menarik energi Api. Jendela yang menghadap timur atau tenggara: tempatkan sekendi air untuk menarik energi kayu. Jendela yang menghadap barat atau barat laut: tempatkan lilin menyala (tetapi hanya bila Anda ada) untuk menarik energi tanah. (Tri Wahyuni)

Pintu Padat Lebih Baik dari Pintu Kaca
Semua pintu penting rumah Anda haruslah padat. Itu termasuk pintu utama, juga pintu ke kamar Anda. Hal itu akan membatasi ruang tinggal Anda dengan cara yang lebih baik.
Pintu geser dan pintu dari kaca dapat digunakan sebagai pintu kedua. Pintu padat menyatakan perlindungan untuk rumah dan secara simbolik menjauhkan chi buruk. Bila pintu utama lemah, itu juga berarti rumah Anda tidak aman dari pengacau dan chi buruk dapat masuk.
Petunjuk feng shui lain tentang pintu utama adalah idealnya adalah pintu terbesar ke rumah. Bila pintu utama lebih kecil dari pintu lainnya di rumah itu menyatakan bahwa keluarga yang tinggal di sana akan diganggu dan dimanfaatkan oleh orang lain.
Hal ketiga tentang pintu adalah bila ada pintu masuk kedua yang mendukung pintu utama Anda. Itu adalah feng shui baik. Jadi bila Anda memilikinya, feng shui Anda sangat meningkat.
Feng shui pintu utama adalah unsur yang paling penting sehingga harus dibuat tepat. Karena pintu utama diibaratkan mulut ruang hidup. Melalui pintu utama itu semua nasib baik datang kepada Anda.
Pintu itu juga dapat merupakan tempat berubahnya nasib baik menjadi nasib buruk. Tidak cukup hanya menempatkan unsur bagus di dekat pintu utama. Nyatanya, yang lebih penting lagi, Anda harus mewaspadai agar semua benda tidak terlalu dekat dengan pintu utama.
Ada beberapa desain tata letak tambahan yang menyangkut pintu utama: Jangan biarkan pintu utama membuka ke ruang yang sesak. Bila serambi utama Anda terlalu kecil, lebih baik tidak mempunyai serambi sama sekali atau tempatkan cermin di dinding yang tidak langsung menghadap pintu utama. Aula terang itu bagus di kedua sisi pintu.
Jangan biarkan pintu utama Anda membuka koridor yang lurus. Itu seperti memiliki panah beracun yang terarah ke punggung Anda setiap hari ketika Anda keluar rumah dan menusuk jantung Anda ketika Anda kembali. Tempatkan pemisah seperti dinding lipat yang di pasaran untuk menghalangi energi pembunuh.
Tirai juga sangat berguna jika pintu utama Anda berada dalam garis luruh dengan pintu lainnya. Konfigurasi tiga pintu berurutan itu membuat energi menjadi terburu-buru sehingga membuat energi pembunuh. Menempatkan pemisah di antara pintu adalah solusi bagus untuk masalah itu.
Pintu utama harus selalu terbuka ke ruang besar dan lega--ruang tamu ideal untuk tujuan ini. Jika pintu masuk membuka ke ruang makan maka penghuninya akan berpikir hanya tentang makan.
Jika pintu membuka ke dapur, semua keberuntungan keluarga akan tersapu, akan ada persaingan dan banyak kemarahan dalam rumah. Jika pintu membuka ke kamar tidur, penghuninya akan malas.
Satu hal yang sangat tabu adalah pintu depat menghadap toilet. Adalah bencana bila pintu utama diletakkan dekat pintu masuk. Jika toilet Anda dapat dilihat dari pintu depan, Anda harus berusaha mengubah pintu toilet, memasukinya dari dinding lain. Bila tidak ada tempat yang cukup, tempatkan pemisah yang kokoh (tirai kurang kokoh) untuk memisahkan toilet dari pintu depan.
Tabu lainnya adalah toilet diatas pintu utama. Itu merupakan penataan yang menciptakan nasib sangat buruk. Energi negatif dari toilet di lantai atas menembus langit-langit dan mengalir ke bawah hingga menyebabkan gangguan serius pada pintu dan membawa nasih buruk pada penghuninya.
Jika Anda memiliki masalah seperti ini, Anda harus mencoba untuk mengubah lokasi toilet atau lokasi pintu utama dan jika melakukan perencanaan tata ruang, Anda harus memasikan pintu depan Anda bersih dari toilet di atas.
Jika Anda memiliki masalah ini dan Anda tidak dapat memindahkan pintu atau toilet, satu-satunya yang dapat Anda lakukan adalah menerangi langit-langit dengan cahaya yang sangat terang untuk mendorong chi buruk menjauh dari pintu. Itu hanya dapat setengah berhasil tetapi lebih baik daripada tidak sama sekali. (Tri Wahyuni)

Waspadai Koridor Panjang dan Lurus
Koridor sangat mempengaruhi aliran chi ke seluruh rumah. Karena itu, koridor disarankan untuk dihias secara atraktif guna mengalihkan chi dan memaksanya melambat dan berkumpul.
Koridor yang lurus dan panjang menyebabkan chi menjadi berbagaya. Para master feng shui selalu menyarankan untuk tidak menempatkan kamar di ujung koridor.
Kendati demikian, koridor panjang, tidak terlalu sulit dikoreksi. Idenya adalah untuk mengalihkan aliran chi sehingga Anda dapat melambatkannya. Itu dapat dilakukan dengan menempatkan sesuatu untuk menghalangi pandangan visual dari koridor panjang-- itu bisa berupa tanaman dalam pot, lukisan, lonceng angin, bambu berlubang diikat dengan benang merah atau lemari kecil.
Bila ruangan Anda ditempatkan di ujung koridor panjang, efeknya adalah seperti di ujung tusuk sate di mana hawa pembunuh bergegas mengarah ke Anda. Jadi ingatlah, sangat penting untuk melambatkan chi.
Masalah terbesar tentang koridor panjang dan sempit adalah bila koridor itu berpenerangan minim. Itu menjebak energi yin atau menyebabkan energi yang ada menjadi basi. Tidak ada yang lebih baik daripada koridor dibuat berliku dan cukup terang.
Ketika memilih penerangan untuk koridor, haruslah dirancang untuk menyerupai energi feng shui terbaik.
Tidak boleh ada sudut yang kotor dimana energi menguntungkan dapat mampat dan menjadi basi dan diam. Itulah yang menyebabkan feng shui buruk dan itu dapat mewujud dalam penyakit, keresahan dan kelelahan.
Jika memungkinkan, cahaya alami harus dibiarkan masuk ke koridor. Jadi, jangan tutup semua jendela dekat koridor dengan kerai atau tirai. Jika cahaya buatan menambahkan cahaya alami, cahaya itu harus lembut dan tidak langsung.
Bila ada rungan yang membuka ke koridor di dalam rumah, lebih baik pintunya tidak saling berhadapan karena itu menyatakan sejumlah konflik yang timbul diantara penghuni rumah. Menempatkan kristal di meja rendah dekat sisi pintu itu akan mengurangi chi permusuhan karena kristal itu akan membawa energi baik, terutama pada tempat yang cukup terang.
Untuk objek dekorasi disarankan menggunakan vas dan mangkuk yang terisi air dan bunga. Karena hal itu merupakan feng shui yang bagus. Selain mewakili energi yang, benda dekorasi itu mewakili yang terbaik dari 5 unsur.
Dalam feng shui, seluruh jagat raya dapat disingkat menjadi lima unsur--tanah, air, api, logam dan kayu-- dan semua unsur ini selalu memiliki sisi yang atau yin. Sisi yang dari ke-lima unsur harus ada dalam rumah untuk membawa keberuntungan bagi penghuninya.
Jika chi setiap rumah berkurang karena ada ketidakseimbangan unsur yang disebabkan oleh kekurangan atau kelebihan salah satu unsur, penyakit dan kesialan akan menimpa. Jika unsur seperti air, tanah dan kayu ada dan lebih yang daripada yin, feng shui ruang itu seketika meningkat dan diaktifkan yang menyebabkan chi mengalir lancar ke dalam.
Vas dan mangkuk berisi air dan bunga menciptakan energi yang dengan efisien. Namun, selalu lebih baik untuk memilih vas dan mangkuk yang memiliki bentuk bagus, karena itu akan menambah peningkatan chi di dalam rumah.
Vas yang terbaik adalah yang berleher dengan alas dasar bundar yang lebih besar karena bentuk itu menyatakan bahwa vas dapat menahan chi baik.
Vas di rumah tidak boleh berdiri jika kosong. Vas demikian harus disingkirkan atau dipajang dengan sedikit air. Jika vas dibiarkan kosong, itu akan menyebabkan hilangnya pendapatan.
Mangkuk pun harus tampak gemuk dengan pinggiran yang jelas. Mangkuk dianggap beda dari vas karena bentuknya biasanya bagus secara alami. Itu dapat dibiarkan kosong dan banyak rumah Cina yang dihias dengan mangkuk besar kosong. Artinya, mangkuk siap menerima chi baik yang masuk ke dalam rumah.
Mangkuk dari keramik, kristal atau bahan dasar tanah seperti porselen dan tembikar, khususnya bagis karena membawa energi dasar tanah yang baik. (Tri Wahyuni)

Waspadai "Naga Tidur" di Depan Rumah
Tidak pernah ada baiknya pintu utama rumah menghadap ke tempat parkir atau rumah yang tidak ada penghuninya dan terlantar. Karena chi lembab dan mampat akan mengalir ke pintu utama Anda. Sehingga Anda perlu menggunakan pengobatan untuk mengatasi energi pengganggu itu.
Jika pintu utama rumah Anda berhadapan dengan tempat parkir, simbolismenya tidak bagus. Karena hal itu berarti semua yang datang langsung berhenti di depan Anda. Arti kemampatan itu sangat kuat dan hal itu akan menghambat kemajuan Anda dalam hidup.
Untuk mengatasi hal itu, cobalah gantungkan lonceng angin di kedua sisi pintu utama rumah Anda. Namun, jangan gantungkan lonceng angin di atas pintu -- dan jangan berjalan di bawah lonceng angin. It berarti tidak menggantungkan lonceng di atas pintu depan Anda. Suara lonceng itu akan mengatasi apapun yang datang untuk "diam".
Bila rumah Anda menghadap rumah terlantar atau bangunan kosong, Anda harus tahu bahwa energi yang mengalir ke rumah dari arah itu sangat buruk. Bangunan bersejarah yang dibiarkan kosong adalah yang terburuk, karena chi di dalam bangunan itu basi, lembab, tua dan tidak bahagia. Bila rumah Anda menghadapi pemandangan seperti itu akan memberi kerugian atau kemalangan serius.
Karena itu, cat rumah Anda dengan warna putih mengkilat dan gunakan banyak lampu yang memiliki energi yang yang hidup dan kuat. Anda juga dapat menempatkan tanaman yang bertumbuh ke luar pintu untuk mengatasi bau lembab dari bangunan tersebut. Naga tidur --istilah yang digunakan pakar feng shui untuk bangunan kosong yang terbengkalai-- dapat berbahaya.
Bila rumah Anda menghadap tempat yang yang dihancurkan untuk pemangunan baru, chi nya tidak lagi berbahaya. Akan tetapi, sementara pembangunan itu berjalan, energi tidak seimbang dan terganggu. Lindungi diri Anda dari gangguan feng shui itu dengan menempatkan sejenis sekat -- menanam pojon, menutup tirai atau menggunakan cahaya dapat dilakukan.
Jalanan mobil dari gerbang rumah menuju ke pintu utama memainkan peran yang penting untuk menarik chi keberuntungan. Karena itu, perlunya memperhatikan sejumlah tips yang dibeberkan berikut ini.
Jalan untuk mobil di halaman sebuah rumah penting sebagai saluran chi dari jalan besar ke rumah. Bila hubungan itu disambungkan secara baik, chi akan memiliki akses ke dalam rumah. Akan tetapi, bila hubungan itu disambungkan secara buruk, chi akan hilang, terputus atau terganggu di sepanjang perjalanannya, sehingga rumah akan memiliki aliran chi buruk yang mengalir ke dalam rumah.
Jalan mobil yang lurus dan pendek di halaman rumah biasanya ditemukan di teras rumah yang pintu gerbang utamanya menghadap pintu utama. Yang terbaik adalah pintu tidak menghadap langsung ke pintu gerbang utama, sebab chi cenderung melintas terlalu cepat. Untuk mengatasinya, sebuah genta angin harus dipasang di atas pintu utama rumah guna memperlambat lintasan chi tersebut.
Bila pintu masuk utama yang berada di samping rumah, sehingga tidak terjadi garis lurus dengan pintu gerbang utamanya, disarankan untuk menggunakan cermin pada tembok yang berhadapan dengan pintu utamanya. Hal itu dilakukan untuk merefleksikan chi masuk yang cenderung melintas dalam garis lurus.
Untuk pintu masuk yang berada di samping depan, sebenarnya tidak mengandung masalah. Posisi utama sebuah rumah yang tidak memiliki ujung yang menghadap ke pilar pintu gerbang atau area lubang sampah dan yang area kosongnya menghadap ke pintu gerbang tidak terlalu dalam, masih dapat diterima.
Kendati demikian, bila ruang kosong itu ternyata terlalu dalam, tempatkan banyak tanaman di area itu untuk mendaur ulang chi agar jalan masuk ke dalamnya dapat didesak ke belakang ke arah pintu masuk utama rumah.
Bila pintu utama dari rumah setengah menempel di sisi bangunan dan tidak terhalang apapun pada bagian depannya-- jalan untuk mobil di halaman rumah seperti itu masih dapat diterima.
Jika pintu masuk utama di belakang, jelaslah tidak bagus. Chi terpaksa harus melintasi seluruh rumah sebelum benar-benar dapat memasukinya. Untuk memacu kecepatan chi supaya dapat mengalir ke dalam sehingga bermanfaat bagi rumah itu, perlu dipasang sebuah tiang lampu penerangan untuk menarik chi masuk. (Tri Wahyuni)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar