Sabtu, 08 September 2012

Singkirkan Bunga Busuk dari Dalam Rumah


Bunga segar memberi energi yang menyenangkan ke dalam rumah, tetapi hati-hatilah...
Di ruang tamu, bunga segar dapat menciptakan energi yang sangat menyegarkan dan membawa getaran bagus ke dalam rumah. Bunga sangat berguna dalam menciptakan feng shui bagus. Akan tetapi, ada beberapa petunjuk dasar untuk diperhatikan. Jika tidak, feng shui baik bisa berubah menjadi sumber energi yang buruk. Karena tidak ada yang lebih buruk dibanding bunga layu atau busuk.
Dengan demikian, buanglah bunga segar jika mulai layu. Untuk alasan yang sama, tidak diperkenankan pula memajang bunga kering dalam rangkaian bunga. Lebih baik memiliki bunga palsu dari plastik, kristal atau porselen dibanding bunga palsu. Karena bunga palsu melambangkan energi yang dan hidup. Sedangkan bunga kering melambangkan energi yin dan mati. Ingatlah bahwa sesuatu yang mati atau membusuk akan menciptakan kelebihan energi yin.
Bunga dapat digunakan untuk meningkatkan atau mengurangi energi yang dari ruangan. Umumnya, bunga tidak membawa feng shui yang cocok untuk kamar tidur, namun lebih sesuai untuk ruang tamu dan ruang makan. Tidak disarankan penggunaan bunga untuk meningkatkan feng shui setiap ruangan. Tidak disarankan penempatan tanaman hidup di kamar tidur karena bunga dan tanaman membawa energi yang ke dalam tanaman hidup hingga sering membuat kamar tidur menjadi sangat yang. Setelah itu karena bunga segar sangat yang bunga itu akan sangat bagus untuk orang sakit atau dalam masa pemulihan.
Dalam situasi itu, bunga sangat bagus untuk kamar tidur. Pemberian bunga juga dianggap bagus karena membawa energi yang berharga untuk penerima.
Tanaman Kaktus

Hindari menempatkan tanaman kaktus di dalam kantor atau rumah. Tidak peduli betapa cantiknya bunga tersebut, kaktus tidak bisa menggantikan energi buruk yang diciptakan oleh duri tanaman yang mematikan.
Jika ditempatkan di rumah atau kantor (di ambang jendela) tanaman kaktus berduri selalu menciptakan jarum kecil energi beracun yang dari waktu ke waktu menciptakan penyakit, kemalangan dan kehilangan.
Tanaman kaktus paling baik ditempatkan di luar rumah atau kantor. Di sana bunga tersebut memiliki peran simbolis sebagai pengawal pelindung. Durinya menjadi kekuatan penghadang shar ci yang memasuki rumah atau kantor. Namun, jika ditempatkan di dalam rumah atau kantor, duri yang sama yang harus melindungi menjadi panah beracun yang menciptakan shar ci yang menyerang (bukannya melindungi rumah).
Tanaman yang tidak tepat adalah tanaman bongsai yang menyatakan pertumbuhan yang terhambat. Untuk alasan itu tidak melambangkan feng shui yang baik. Bongsai atau tanaman berbagai pohon besar yang dikerdilkan dengan cerdik selama bertahun-tahun dan biasanya berharga mahal. Tanaman bongsai yang asli sangat berharga, cantik dan menarik. Namun, tanaman itu feng shuinya tidak bagus karena melambangkan hambatan pada pertumbuhan seseorang hingga berbahaya untuk bisnis.
Jika suka terhadap tanaman bongsai dan sangat ingin memilikinya di dalam rumah dan taman, disarankan untuk tidak menempatkan di sudut kayu dalam rumah atau taman Anda. Ini berarti Timur dan Tenggara. Tempatkanlah di Utara karena di situ tidak terlalu berbahaya.
Ide bagus untuk mengisi bagian timur rumah dengan tanaman indah dan bunga-bunga. Ada bunga khusus yang disukai orang Tionghoa dibandingkan bunga lainnya. Bunga krisan kuning dianggap paling bagus dan rumah orang Tionghoa kaya selalu memajang bunga itu pada musimnya.
Bunga bagus lainnya adalah magnolia putih, peoni semua warna, kuncup bunga plum dan anggrek. Selalu ikuti petunjuk feng shui tentang menghindari tanaman yang gatal atau bunga yang berduri--khususnya duri tersembunyi yang selalu dianggap tidak baik.
Tanaman yang tumbuh sehat juga sangat baik di sektor pertumbuhan rumah. Bila Anda tidak memiliki tanaman asli karena sulit tumbuh, tanaman atau pohon palsu dengan daun sutra adalah yang paling sesuai. Hindari tanaman mati atau bunga kering di sektor pertumbuhan, karena tak ada yang membunuh chi lebih cepat dari itu.
Jadi, bila Anda memajang bunga segar, pastikan Anda membuangnya begitu mulai membusuk. Proses pembusukan langsung menciptakan chi yin yang membahayakan. (Tri Wahyuni)

Penggunaan Warna untuk
Menarik Chi Keberuntungan


Dalam feng shui penggunaan warna menganut dua prinsip penting yang diturunkan pada semua metode feng shui yang berbeda, yaitu teori lima unsur serta yin dan yang. Warna dalam feng shui mewakili spektrum utuh warna pelangi dan masing-masing memiliki aspek yin dan yang, tergantung pada nuansa dan jumlah hitam atau putih yang terkandung di dalamnya.
Sebagai aturan umum, semakin gelap warnanya semakin yin warna tersebut, karena diminasi hitam. Dengan cara yang sama, semakin terang warna akan semakin yang karena kehadiran putih. Hitam adalah warna yin sedangkan putih adalah warna yang.
Keberuntungan pengakuan diciptakan oleh pengunaan merah yang baik. Emas juga menciptakan keberuntungan kekayaan. Jadi, menggunakan dua warna itu bersama-sama maka Anda bisa mengaktifkan keberuntungan kemakmuran yang mengagumkan.
Warna emas selalu baik karena itu menyatakan uang. Namun, emas juga melambangkan unsur logam dan itu dapat berbahaya bagi sektor timur dan tenggara karena logam menghancurkan energi kayu.
Dipadukan dengan merah, emas memiliki kuasanya sendiri. Sungguh, kombinasi ini menyatakan kekayaan dan kemakmuran luar biasa. Selain itu, emas dan merah juga kombinasi kuat yang dapat menghancurkan gangguan bintang terbang yang disebabkan oleh kombinasi angka bintang yang tidak beruntung. Di dalam rumah, paduan merah dan emas tidak boleh mendominasi seluruh dinding. Sebaliknya, lebih baik menggunakannya sedikit karena itu bekerja lebih baik sebagai aksen hiasan daripada tema dominan. Tentu saja, merah dan emas bukan paduan yang baik untuk kamar tidur.
Ada pepatah Cina yang mengatakan," Segalanya berjalan baik sehingga merah pun menjadi ungu." Implikasinya warna ungu juga merupakan warna kemakmuran yang kuat. Menggunakan ungu sebagai tema warna, biasanya merupakan keputusan feng shui yang baik, bila Anda bisa hidup dengannya.
Namun, bila tidak suka ungu, maka lewatkan. Sebaiknya ungu ditempatkan di utara untuk mewakili air untuk memancing keberuntungan kemakmuran. Perpaduan ungu dan perak bisa menjadi kombinasi yang baik untuk bisnis yang sukses. Karena kata ungu dan perak dalam bahasa Cina dieja sebagai uang (ngan chee)
Paduan warna biru dan hijau menyatakan pertumbuhan yang lambat dan tetap, tanpa konotasi menguasai dari warna-warna lainnya. Biru dengan hijau adalah harmonis dan seimbang untuk ruang anak-anak yang sedang tumbuh.
Untuk membawa keberuntungan bagi putra keluarga, gunakan kombinasi hijau dengan merah setelah anak berusia dua belas tahun. Memperkenalkan kombinasi warna hijau dan merah di kamar tidur selatannya akan memberinya kebanggaan dan kehormatan. Anak itu akan sukses di sekolah dan berperilaku baik. Hijau mewakili pertumbuhan dan merah berhubungan dengan pemenuhan satu tahap kehidupan seseorang.
Kombinasi warna lain yang sangat bagus adalah putih dengan kuning. Kombinasi wana itu menyatakan penyatuan harmonis dari logam yang dihasilkan oleh energi tanah. Namun, tidak semua orang kuat menghadapi warna kuning, khususnya kuning kerajaan. Karena itu, padukan dengan warna putih untuk mengurangi kekuatan warna kuning.
Bila Anda merasa terancam dengan warna yang terlalu kuat, dekorasikan ruang dalam warna beige terang atau putih, lalu aktifkan dengan benda dekorasi dalam warna beruntung pilihan Anda.
Paduan merah dan kuning merupakan kombinasi yang mengagumkan bila diterapkan pada orang yang tepat. Untuk itu, penting melakukan uji pengaruh warna itu secara perlahan, dengan mencoba menempatkan benda kecil dengan kombinasi warna itu. Tempatkan benda itu pada jarak pandang ruangan. Bila beberapa minggu sesudahnya terjadi pergerakkan, jangan singkirkan skema warna itu, tetapi mulailah untuk ambisius dengan mempergunakannya di dinding yang lebih luas.
Kombinasi hitan dan putih selalu bagus, karena hitam menyatakan air yang dihasilkan oleh logam putih dalam siklus produktif unsur. Tempatkan tema hitam putih di sektor rumah yang mewakili bintang air yang bagus. Tidak perlu memajang terlalu banyak hitam dalam dekorasi itu. Terutama, jangan menggunakan sekat atau tirai hitam, tetapi boleh gunakan hitam sebagai aksen.
Putih, sebaliknya, adalah warna yang dapat digunakan tanpa takut kelebihan. Itu karena putih mengandung semua warna pelangi dan karenanya dianggap sebagai warna mutlak. Bila Anda ingin aman, catlah semua dinding dan langit-langit dengan warna putih dan gunakan warna lain pada daerah yang dianggap membawa chi yang baik.
Untuk kamar tidur harus didominasi oleh warna yin daripada warna yang. Jadi, nuansa warna biru dan warna tanah adalah yang terbaik. Apapun yang Anda lakukan, kamar tidur tidak boleh menjadi tempat di mana warna menciptakan indra yang terlalu bergetar karena itu akan menyulitkan Anda saat tidur.
Warna untuk lantai yang terbaik adalah bila itu membuat Anda membumi. Jadi selalu baik untuk menggunakan warna yang stabil untuk lantai. Pada umumnya, hal itu bergantung pada bahan yang digunakan. Bahan batu seperti teraso, marmer, dan ganit juga turunannya menyatakan energi yang membumi. Itu memberikan dasar yang kokoh dan bahan itu yang berwarna tanah yang terbaik.
Selalu pilih bahan alami untuk penutup lantai, bila mungkin. Hindari pola lantai yang memiliki ujung tajam, seperti bintang atau bentuk segitiga, karena itu bisa menjadi beracun di dasar yang dapat melukai keluarga. Secara simbolis, pola lantai itu juga kelihatan ganas dan menakutkan. Karena itu, pilih pola lantai yang sederhana dan mengundang dalam bentuk yang netral dan lembut. (Tri Wahyuni)

Anjuran dan Larangan pada
Penempatan Kompor (1)


Feng shui dapur memiliki implikasi penting untuk keberuntuangan keluarga. Meski dapur dapat ditempatkan di salah satu sektor buruk rumah--berdasarkan rumus feng shui kompas-- kompor keluarga harus ditempatkan di arah baik.
Hal pertama yang harus diingat adalah kompor tidak boleh diletakkan menghadap ke pintu utama. Karena hal itu melambangkan kehilangan penghidupan, menyebabkan pencari nafkah kehilangan pekerjaannya. Jadi kompor harus dipindahkan meski sulit dilakukan. Begitupun jika kompor menghadap pintu belakang. Dampak terburuknya sama seperti menghadap ke pintu utama rumah.
Kedua, lantai dapur tidak boleh lebih rendah dibandingkan dengan ruang makan dan ruang tamu. Para penghuninya akan kesulitan mendapatkan kemakmuran, karena harus "turun" bila ke dapur setiap hari menunjukkan seseorang meluncur ke bawah tangga ekonominya.
Ketiga, kompor tidak boleh diletakkan tepat dibawah toilet atau kamar mandi yang ada di lantai atas. Hal itu akan seperti kotoran yang meluap turun dan masuk ke dalam mangkuk nasi Anda, sehingga mendatangkan feng shui yang buruk.
Keempat, kompor juga tidak boleh diletakkan di bawah tangki air yang berada lantai atas. Karena kompor melambangkan unsur api, sedangkan tangki air membawa unsur air. Dengan memiliki tangki air diatas kompor, maka unsur air dimungkinkan mendominasi unsur api. Sehingga, air dapat memadamkan nyala api pada kompor Anda. Dari sini, Anda tidak mungkin mendapatkan kemakmuran.
Kelima, kompor tidak boleh diletakkan tepat dibawah kamar tidur lantai atas. Karena ada panas yang naik dari kompor, kamar tidur yang letaknya diatas akan merasakan panasnya api. Kamar tidur seperti itu tidak cocok untuk mereka yang mudah marah atau tersinggung. Bila hal itu tidak dapat dihindari, Anda dapat mengecat temboknya dengan warna hijau untuk menyejukkan ruangan "api" tersebut.
Keenam, jangan pernah meletakkan kompor dibawah balok penyangga atap yang terbuat dari beton karena balok itu akan mengeluarkan kekuatan negatif pada kompor. Karena kompor mewakili mangkuk nasi, Anda mungkin akan kesulitan mencari nafkah untuk hidup layak.
Ketujuh, kompor tidak boleh diletakkan dibelakang jendela dapur, karena posisinya sangat rentan. Angin dari luar akan dengan mudah memadamkan nyala api kompor, sehingga tidak ada jaminan kehidupan yang baik.
Kedelapan, sebuah kompor janganlah diletakkan menghadap ke kamar tidur. Memiliki kamar tidur di dekat dapur sudah cukup buruk, terlebih bila kompor menghadap ke pintunya. Anda dapat menghindari masalah itu dengan memindahkan kompor ke tempat lain atau mengubah kamar menjadi gudang.
Kesembilan, kompor tidak boleh diletakkan menghadap lemari es. Karena lemari es melambangkan keadaan yang stagnan seperti makanan beku yang disimpan di dalamnya. Lemari es juga mengandung unsur air, sehingga bisa "menguyur" api makanan dalam keluarga dengan air.
Kesepuluh, kompor tidak boleh diletakkan di depan toilet. Karena mengguyur dengan air secara terus menerus pada toilet setelah digunakan sama saja dengan membuang makanan.
Kesebelas, sebuah kompor jangan dihadapkan ke bak cuci piring karena yang satu mewakili unsur api, sedangkan yang lainnya menunjukkan unsur air. Karena air dapat memadamkan api, maka kehidupan Anda mungkin akan terpengaruh bila kompor Anda menghadap ke bak cuci piring.
Keduabelas, kompor dapat dikatakan berada pada "posisi pengemis" bila diletakkan di dekat pintu. Setiap kali pintu dibuka akan membentur kompor, itu sama saja dengan menerima ketukan yang kasar.
Ketigabelas, kompor yang menghadap ke tangga buruk feng shui-nya karena Anda harus berhadapan dengannya setiap kali Anda menggunakan tangga. Karena kompor mewakili unsur api, Anda akan bertabrakan dengan banyak persoalan.
Keempatbelas, kompor dan toilet yang saling membelakangi akan mendatangkan feng shui yang buruk sekalipun toilet tidak terlihat dari dapur. Mengguyur dengan air secara terus menerus pada toilet setelah digunakan melambangkan makanan yang terbuang di saluran pembuangan. (Tri Wahyuni)
(Bersambung)

Tantangan Unsur Air
Dalam Meraih Keberuntungan


Chi air adalah unsur kekayaan, tetapi seperti api, iar dapat di luar kendali. Energi air bergerak ke bawah, jadi bila air meluap itu berpotensi menciptakan kemalangan besar.
Para pakar feng shui selalu memperingatkan tentang bahaya air di puncak atau di tingkat tertinggi, karena air yang bergerak ke bawah bisa menciptakan situasi bahaya ekstrem. Karena itu, tidak dianjurkan kolam air di atas bangunan bertingkat.
Biru dan hitam--warna yang mewakili unsur air, juga tidak disarankan untuk atap atau sebagai warna apartemen yang berada di tingkat tertinggi. Juga, ingatlah bahwa air yang meluap menyatakan kehilangan kekayaan dan kemungkinan bahaya.
Air memberi kemakmuran bila diaktifkan dengan benar dan dalam jumlah yang cukup. Air dalam feng shui dihubungkan dengan utara. Bila Anda menempatkan unsur air di sudut utara rumah Anda atau ruangan apapun (kecuali kamar tidur), air membawa keberuntungan.
Bila Anda ingin mengaktifkan daerah utara rumah Anda, gunakan kompas untuk mengenali sudut itu dengan benar. Selain itu, perhatikan dan amati tabu feng shui serta petunjuk tentang penggunaan air dan Anda akan mencegah menciptakan masalah lain, ketika Anda mengaktifkan daerah kekayaan.
Dalam feng shui, kadang-kadang sedikit pengetahuan dapat berbahaya, jadi usahakan berhati-hati bila mengaktifkan sudut Anda terutama bila menggunakan energi air.
Sangat penting untuk memperhatikan hal yang dilarang dalam penempatan air. Karena bila air salah ditempatkan, berbagai jenis kemalangan terwujud, tetapi mungkin yang terburuk adalah masalah serius antara suami istri. Perkawinan dapat putus, bahkan skandal seks muncul.
Pertama-tama, jangan pernah menempatkan unsur air di kamar tidur. Kehadiran air dalam jumlah kecil sekalipun di tempat tidur akan menyebabkan Anda kehilangan uang dan ditipu. Berapa banyak kerugiannya, tergantung pada tingkat keberuntungan. Jadi bisa besar atau kecil.
Air di kamar tidur juga menyebabkan hubungan antara suami istri dingin dan akhirnya mati. Oleh karena energi yin di situ terganggu, hubungan menjadi tidak nyaman dan tidak bahagia.
Air di kamar tidur menganggu energi tanah, karenanya mengganggu hubungan. Jadi, pindahkan akuarium dan air mancur kecil dari kamar tidur. Idealnya, jangan menempatkan lukisan laut atau danau dikamar tidur. Namun, gelas air di kamar tidur tidak dihitung. Kamar tidur berwarna biru juga tidak dihitung sebagai air. Dalam hal ini, kumpulan air yang membahayakan, bukan yang lainnya.
Kedua, jangan menempatkan usnur air di sebelah kanan pintu utama, ketika Anda melihat ke luar pintu (apakah di dalam atau di luar rumah). Posisi itu akan menyebabkan laki-laki di rumah menjadi mata keranjang. Kadang-kadang mata keranjang itu tidak berhenti pada lirikan saja, tetapi dapat menyebabkan akibat tragis dan skandal bagi istri dan keluarga.
Air di pintu utama dapat memberikan keberuntungan kekayaan bila sudut itu dihubungkan dengan sudut kekayaan, tetapi tidak berguna memiliki kekayaan bila hal itu memecahkan keluarga atau lebih buruk lagi, Anda kehilangan suami. Ingatlah air disebelah kanan pintu menuyebabkan skandal cinta dan seks. Jadi, para istri harus memperhatikan tabu air ini.
Ketiga adalah tidak boleh menempatkan unsur air apapun dibawah tangga. Bila tangga memiliki ruang dibawahnya, jangan berpikir untuk membuat kolam, akuarium atau air mancur di sana. Unsur air mungkin kelihatannya indah dan berpemandangan bagus, tetapi itu akan mempengaruhi keberuntungan anak-anak Anda.
Yang terbaik, mereka akan mengalami kesulitan menemukan pekerjaan saat dewasa. Yang terburuk, hal itu menyebabkan mereka kehilangan warisan. Kepala keluarga akan pergi atau mati dan mereka kehilangan warisan keluarga yang sah. Biarkan ruang kosong dibawah tangga untuk gudang, bila Anda ingin. Tetapi, jangan pernah menempatkan apapun disana yang Anda tahu akan menderita karena terinjak.
Di luar rumah di dalam taman, Anda dapat menciptakan air terjun di sudut kekayaan, memastikan bahwa air mengalir ke arah pintu masuk rumah. Itu dapat menjadi metode sangat kuat, tetapi membutuhkan biaya besar untuk menciptakannya. Namun, pastikan bahwa air mengalir ke bawah dab mengalir ke rumah Anda, bukan menjauhinya. (Tri Wahyuni)




(Tri Wahyuni)

Aneka Tabu Pada
Apartemen Bertingkat



Minggu, 6 November 2005
Bila apartemen Anda terkondisikan dalam dua lantai, selalu pastikan Anda tidak pernah memiliki ruang makan atau pintu utama yang terganggu oleh toilet di lantai atas.
Selalu tidurlah di tingkat atas. Jadi, tempatkan kamar tidur di sana. Bila Anda memiliki apartemen dengan lantai terpisah, pastikan keluarga makan di tingkat atas dan ruang tamu dan ruang keluarga di tempatkan di lantai bawah.
Tangga harus di sisi apartemen dan tidak di tengah. Tangga terpisah atau terbuka menyebabkan kekayaan meresap, jadi isi tangga terbuka untuk nasib baik. Tangga melingkar beruntung, tetapi tangga spiral tidak cocok untuk di dalam ruamh. Hal itu bisa sangat buruk di dalam apartemen.
Bila Anda memiliki lantai mezzanin dalam apartemen, bukan ide baik untuk tidur di tingkat tengah.
Langit-langit sangat tinggi boleh, tetapi hanya bila apartemen Anda luas dan punya ruang lantai yang cukup untuk langit-langit tinggi. Jika tidak, efek keseimbangan yang diciptakan akan menyebabkan chi menjadi buruk karena dipaksa menjadi talang.
Apartemen yang memiliki dua atau tiga kamar tidur harus memperhatikan aliran chi dalam rumah sebagai titik awal melakukan feng shui. Biarkan aliran chi berputar.
Adalah ide bagus untuk memiliki ruang kecil langsung ke muka pintu masuk agar chi yang masuk berdiam sebentar sebelum bergerak ke seluruh ruang. Jadi, menempatkan tanaman di dekat ruang masuk akan menyebabkan chi berhenti sejenak -- ini adalah hal yang baik.
Bila Anda memiliki cermin di sana, pastikan tidak langsung memantulkan pintu utama karena itu akan mengirim chi keluar lagi. Jika memiliki apartemen lantai dasar, Anda boleh menempatkan unsur air di sisi kiri pintu (dari dalam melihat keluar) karena itu akan menyebabkan chi diam sebentar dan membantunya menjadi menguntungkan.
Namun, ingatlah bahwa air di dekat pintu masuk tidak boleh merupakan lubang ditanah seperti kolam-- mangkuk ikan kecil cukup ideal.
Penghuni rumah paling berpengaruh --suami atau istri atua ibu dan ayah, siapa pun yang paling penting-- harus menempati kamar tidur yang terletak di sektor paling menguntungkan. Gunakan kompas untuk mendapatkan arah Anda di dalam apartemen. Ingatlah, dengan menggunakan kamar tidur, misalnya, mengaktifkan chi tetapi dalam kamar yang dibiarkan kosong atau jarang dipakai, chi dapat mampet.
Bila Anda memiliki koridor dalam apartemen, tempatkan benda dekoratif di sepanjang koridor, tetapi cobalah melakukannya tanpa membuatnya berdesakan. Jika chi Anda terhambat akan membatasi nasib baik Anda. Gagasan yang ditawarkan adalah memperlambat aliran chi karena energi yang bergerak cepat di koridor lurus membawa nasib buruk.
Bila Anda memiliki ruangan di ujung koridor panjang, Anda harus melambatkan aliran chi untuk menguntungkan penghuni kamar atau ruang lain disana. Tempatkan lukisan di dinding atau tanaman di sepanjang koridor dan biarkan tempat itu terang.
Masalah unik yang dihadapi penghuni apartemen bila pintu apartemen langsung menghadap lift. Itu seperti menghadapi macan yang berdiri di muka pintu. Itu dapat menjadi unsur yang sangat buruk dan terutama buruk itu adalah lift pribadi yang langsung membuka ke apartemen Anda. Itu adalah situasi yang sangat berbahaya yang harus diatasi dengan mencari pintu lain untuk digunakan sebagai pintu masuk apartemen.
Bila Anda tidak dapat menggunakan pintu alternatif, menggunakan lonceng angin langsung di depan lift adalah salah satu solusi. Gunakan lonceng angin kayu dibanding lonceng angin logam dan pastikan batangnya berlubang. Lebih baik lagi jika terbuat dari bambu. Dengan cara itu, chi buruk dari lift dialihkan. Juga, tempatkan lampu terang di depan pintu utama untuk meningkatkan energi. (Tri Wahyuni)

Lima Energi yang
Mempengaruhi Chi Rumah



Minggu, 30 Oktober 2005
Orang Tionghoa percaya bahwa segala sesuatu di jagat raya terbuat dari lima unsur yang digambarkan sebagai lima jenis energi chi, yaitu tanah, air, kayu, logam dan api.
Unsur api adalah yang, yang berarti energi terang dan sangat aktif. Itu membawa kehidupan dan kemajuan.
Unsur air mengalir dan cair. Air memberi kekayaan dan kesuksesan. Unsur logam adalah kaku dan dingin. Itu memberi nilai dan kemakmuran.
Unsur kayu adalah hijau dan hidup. Kayu memberi pertumbuhan. Sedangkan energi tanah mengatasi semuanya. Itu memberi cinta dan hubungan kekeluargaan.
Lima jenis chi itu terus berinteraksi satu sama lain dalam lingkaran hubungan deskrutif, produktif dan melelahkan. Memahami interaksi itu dalam konteks dimensi ruang dan waktu memungkinkan praktisi feng shui untuk memanipulasi cara energi mewujudkan nasib baik dan buruk dalam setiap ruang tinggal dan ruang kerja.
Untuk menjadi efektif pada feng shui praktis, Anda harus memahami inti lima jenis energi itu. Karena segalanya di jagat raya-- semua struktur, bentuk, warna dan arah rumah-- memuat satu kombinasi dari konotasi lima unsur. Jadi, musim, warna, bentuk, arah aliran energi, bahkan angka memiliki unsur yang sesuai.
Mempelajari bagaimana chi dari unsur yang berbeda saling berinteraksi satu sama lain dan bagaimana atribut mereka mewujud di setiap sudut rumah, akan memampukan Anda memproduksi energi feng shui hebat dalam rumah Anda. Itu juga akan memberikan pengobatan untuk mengendalikan, melelahkan bahkan menghancurkan chi buruk yang membawa nasib buruk. Lima unsur adalah dimensi berharga untuk menciptakan feng shui hebat.
Pada saat yang sama, bahkan rumah atau bangunan Anda memiliki energi unsur intrinsik. Bila Anda mampu mengenali unsur rumah, Anda sudah berada pada posisi melakukan sesuatu untuk meningkatkan energinya secara spektakuler. Begitu Anda tahu unsur rumah Anda, mengaktifkannya untuk nasib baik menjadi sangat mudah.
Dengan mengetahui atribut unsur dan bagaimana mereka mempengaruhi setiap sektor kompas, praktik feng shui menjadi mudah dan menyenangkan. Mengapa? Karena yang perlu Anda pelajari adalah bahwa arah utama dan kedua dari kompas masing-masing memiliki unsur sendiri. Cara termudah untuk menciptakan feng shui baik adalah dengan menemukan jenis unsur apa yang terbaik untuk rumah Anda, dan bagaimana Anda menguatkannya.
Pada saat yang bersamaan, Anda perlu sangat waspada terhadap unsur yang terlalu kuat yang akan melukai rumah Anda. Itu memiliki implikasi dalam penggunaan warna, dalam penampatan benda, bahkan dalam pilihan ruangan untukAnda dan anggota keluarga.
Anda dapat mengaktifkan unsur setiap sektor kompas ruang tertentu dalam rumah. Bila ANda telah memperkuat setiap unsur di delapan sudut rumah Anda, itu akan bergetar dengan energi positif dan kuat.
Jadi, memahami lima energi chi adalah bagian utama dalam praktik feng shui--hanya dengan memahami lima unsur, Anda dapat menciptakan feng shui yang hebat. (Tri Wahyuni)

Menempatkan Pilar Rumah
Secara Bijaksana



Minggu, 23 Oktober 2005
Pilar adalah tiang tegak lurus yang mendukung balok kayu penyangga atap maupun struktur berat lainnya. Dalam feng shui, bila pilar sebuah bangunan ditempatkan pada posisi-posisi "yang tidak cocok" hal itu dapat mendatangkan persoalan atau nasib buruk bagi penghuninya. Sebaliknya, orang dapat mengharapkan terciptanya keharmonisan bila pilar itu ditempatkan pada posisi yang baik.
Sebuah pilar tunggal yang menghadap ke pintu masuk utama sebuah rumah dapat mendatangkan nasib buruk. Posisi itu akan menghalangi masuknya kekayaan seseorang. Pilar-pilar yang ditempatkan seimbang dan pintu masuk utama tepat diantaranya jelas akan mendatangkan keharmonisan dan keberuntungan yang baik pada rumah tangga.
Bila posisi tiang tidak simetris-- salah satu sisi atap lebih lebar -- ketidakseimbangan akan mendatangkan feng shui yang negatif pada rumah tersebut.
Memiliki pilar-pilar di dalam yang ditempatkan di atas tanah yang lebih tinggi bagus sekali feng shui-nya karena dapat menunjukkan status yang lebih "tinggi". Namun, bila pilar-pilar di luar yang ditempatkan di atas tanah lebih tinggi daripada pilar-pilar di dalam dapat mendatangkan feng shui yang buruk. Pilar-pilar itu menunjukkan "penghancuran".
Meski tiga pilar ditempatkan pada posisi yang seimbang dan bilangan tiga --yang dalam bahasa Kanton adalah san-- memiliki arti yang bagus, namun efeknya tetap negatif. Karena pilar tengahnya menghalangi pintu. Para penghuninya akan menghadapi berbagai rintangan dalam hidupnya.
Berikut beberapa cara memperbaiki pilar yang ditempatkan pada posisi buruk. Bila pilar hanya sebagai unsur hiasan maka hal yang bisa dilakukan adalah buang saja!
Cara lain yang bisa dilakukan adalah memasang seruling bambu yang diikat dengan pita merah dalam bentuk pat (bilangan delapan dalam bahasa Kanton dan mengibaratkan kemakmuran). Seruling itu pasti akan menyedot keluar chi yang buruk. Seruling bambu diikat pada ujung pilar teratas dengan menggunakan pita merah.
"Menghilangkan" pilar bisa menggunakan tanaman. Caranya, letakkan tanaman yang besar dalam pot di dekatnya jika pilar itu tidak dibuang atau dipindahkan. Karena tanaman dapat menghasilkan tenaga kehidupan, sementara pilar adalah benda mati. Chi dari tanaman akan menetralkan kekuatan negatif dari pilar-pilar itu.
Solusi jitu untuk menutupi pilar adalah dengan memasang cermin pada pilar tersebut. Karena cermin memungkinkan chi menembus benda-benda. Pasanglah cermin di seputar pilar untuk mengubah situasinya menjadi terbalik.
Cara inovatif untuk mengatasi pilar yang menganggu bisa dilakukan dengan cara membuat lemari atau rak buku tanam yang dibuat seakan-akan pilar tersebut menjadi bagian dari strukturnya. (Tri Wahyuni)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar