Sabtu, 08 September 2012

Feng Shui Adalah Ilmu Pengetahuan

Banyak sekali pendapat tentang Feng Shui, namun menurut saya Feng Shui adalah ilmu pengetahuan bukan mistik. Namun demikian, masih dibutuhkan keyakinan yang kuat terhadap potensi keberhasilan feng shui, atau percaya akan efektivitasnya. Feng shui merupakan pendekatan terbaik sebagai ilmu dan mudah dipraktekkan sebagai seni. Feng shui merupakan sebuah ilmu karena banyak aplikasi feng shui didasarkan pada penggunaan hitungan yang dilakukan secara akurat dalam kelompok aliran Kompas, yang juga terkenal sebagai formula feng shui. Dalam teknik aliran ini, gedung dan tata ruangan serta perabotan harus disesuaikan menurut orientasi kompas, dikombinasikan dengan penghitungan berdasarkan rumusannya, yang pada akhirnya akan membawa keberuntungan. Jika pengukuran dan penghitungan dilakukan secara tepat dan benar-benar efektif, maka formula feng shui tersebut hampir sebagian besar berhasil meningkatkan keberuntungan penghuni rumah.

Dan hasilnya akan terlihat dalam waktu tidak lama. Namun ingat, bila formula feng shui tersebut dipraktekkan secara salah, tidak akan menghasilkan apa-apa. Janji-janji feng shui memang sangat mengesankan. Apa yang dapat kita lakukan untuk menangkap energi yang membawa keberuntungan itu? Hal tersebut tidaklah sesederhana pengertian dari teori dan filosofi feng shui. Namun, yang juga dibutuhkan adalah mulai peka terhadap perubahan yang sangat kecil sekalipun pada lingkungan.
Biasakanlah melihat lingkungan sekitar Anda dengan penglihatan feng shui. Kembangkan sensitivitas Anda menjadi lebih kuat lagi terhadap hal yang tidak melihat dan berdayakan lingkungan sekitar Anda.

Namun, satu yang perlu diingat adalah jangan berharap feng shui akan menjawab semua persoalan Anda. Ia hanyalah satu dari sekian banyak hal yang mempengaruhi kehidupan Anda. Pola makan, latar belakang keluarga, pengalaman hidup secara umum, misalnya, semua berpengaruh pada diri Anda. Keberhasilan feng shui terutama terletak pada seberapa jauh harapan Anda bisa direalisasikan. Akan sangat efektif bila Anda mengaitkan problem dengan suatu aspek di rumah Anda, lalu membuat perubahan yang diperlukan.

Langkah pertama adalah mengindentifikasi masalah. Kalau Anda tinggal di suatu tempat selama beberapa waktu, amati bagaimana perubahan hidup Anda sejak Anda tinggal disana. Ketika orang pindah rumah, hidupnya akan berubah, apakah ke arah yang baik atau buruk. Buat daftar di aspek mana Anda menghadapi masalah, dan di aspek mana yang ingin Anda perbaiki. Hubungan personal, keuangan dan karir biasanya muncul di salah satu atau kedua daftar itu. Langkah berikutnya, rincilah mengapa masalah itu timbul. Bila Anda mempunyai kesulitan keuangan, misalnya, apakah disebabkan karena pendapatan Anda berkurang atau pengeluaran Anda membengkak?

Kalau Anda tidak mendapatkan pasangan yang romantis, apakah terjadi karena Anda tidak keluar rumah dan bertemu dengan orang lain, atau merasa muak dengan mereka yang Anda temui? Kalau karier Anda mandek, apakah hal itu karena usaha Anda diabaikan atau Anda kehilangan ambisi? Dengan cara itu, Anda dapat mulai menerapkan feng shui agar lingkungan Anda dapat membantu mencapai keinginan Anda, bukannya justru menjadi penghalang. Anda harus senantiasa memiliki sikap santai dan menikmati praktik feng shui. Jangan membangkitkan harapan tidak sehat dan konyol dalam pikiran Anda. Feng shui tidak dapat menciptakan mukjizat dalam waktu sekejap, diperlukan proses dan penyesuaian. Feng shui tidak dapat membuat Anda kaya dalan sekejap mata, tidak akan memberikan pengaruh langsung atau hubungan cinta hanya dalam kurun waktu semalam saja. Segalanya perlu waktu dan di butuhkan penyesuaian dengan alam semesta.


Mengaktifkan Keberuntungan Karier dan Cinta
Ada sudut karier universal yang dapat diterapkan kepada setiap orang untuk menguntungkan karier. Itu adalah sudut utara ruang keluarga Anda. Bila sudut itu diaktifkan dengan air bergerak akan menciptakan keberuntungan karier yang bagus bagi penghuni rumah.
Semua orang karier yang ambisius harus melindungi kariernya dan keberuntungan kariernya dengan memiliki kura-kura asli (atau penyu) yang berenang dengan gembira di kolam atau akuarium di utara atau minimal memiliki patung kura-kura di sana.
Ide bagus lainnya adalah memiliki penyu peliharaan di kantor Anda. Simpan penyu itu di meja atau lemari di belakang Anda untuk memastikan energi kura-kura yang berharga, yang terus memberi perlindungan dari politik di kantor dan selalu bersama Anda.
Sektor utara dari rumah dan kantor Anda akan mendapat keuntungan dari penempatan unsur air karena utara termasuk unsur Air. Memasang air mancur mini, akuarium, atau bahkan kolam kecil di utara membawa keberuntungan karier yang bagus.
Bel khusus, terbuat dari 7 jenis logam (termasuk emas dan perak) melambangkan posisi tinggi. Jika Anda mengejar promosi atau pekerjaan tertentu, membunyikan bel setiap hari di utara atau barat laut akan meningkatkan kemungkinan itu. Dulu, pejabat istana China kuno mengenakan simbol huruf yang disulam pada dada mereka untuk menyatakan posisi tinggi mereka. Simbol kekuasaan sejenis itu adalah dasi untuk pria dan syal untuk wanita, perhiasan untuk keduanya.
Carilah dasi, jepit dasi dan manset yang melambangkan simbol baik. Untuk keberuntungan karier, simbol yang paling bagus adalah naga langit. Pilih desain dan gambar cetakan naga yang jelas. Memakai naga atau simbol langit lainnya secara berlebihan akan menyebabkan ketidakseimbangan dan nasib buruk.
Simbol penting dan kuat lainnya, yang dapat diaktifkan untuk peningkatan karier adalah unicorn yang legendaris, chi lin dan burung hong/funik langit. Pakailah simbol itu untuk mendapatkan chi ilahi mereka.
Funik atau burung hong selalu membawa kesempatan baru. Itu adalah makhluk yang harus Anda aktifkan ketika Anda gagal, tanpa pekerjaan dan menganggur. Gantungkan lukisan funik di utara atau pakai cincin funik.
Untuk mendapatkan keberuntungan cinta, Anda perlu menciptakan inti feng shui kedekatan di dalam rumah Anda. Lakukan itu dengan melindungi dan mengaktifkan barat daya--sudut cinta universal.
Mula-mula, gunakan kompas untuk menandai sudut barat daya, kemudian aktifkan chi besar barat daya (sudut seluruh rumah) dan chi kecil barat daya dari setiap ruangan secara terpisah.
Nyalakan kehidupan cinta Anda dengan lampu yang terang. Bila sudut barat daya rumah Anda cukup terang, itu menarik energi keberuntungan cinta. Gunakan cahaya putih atau kuning.
Gunakan kelompok kristal kuarsa alami yang menyerupai unsur Tanah. Kristal membawa chi tanah yang hebat. Tempatkan kelompok itu di meja sudut barat daya.
Selain itu, tempatkan sepasang bebek mandarin di sudut cinta ruangan Anda. Pastikan bebek itu adalah bebek mandarin yang benar bukan unggas yang dikenal tidak setia pada pasangannya. Bebek mandarin dan angka dikenal setia sampai mati.
Dalam feng shui, romantika, cinta dan perkawinan adalah bagian dari keberuntungan keluarga. Hidup dianggap tidak lengkap apabila hal itu hilang. Feng shui dapat meningkatkan romantika dalam hidup Anda dan memberi pasangan hidup, tetapi itu bukan untuk main-main.
Kecuali, apabila Anda tidak siap untuk sebuah komitmen. Jangan aktifkan untuk cinta. Mengaktifkan feng shui cinta membawa kesempatan perkawinan dan menyebabkan keberuntungan perkawinan yang matang. Namun, itu tidak menjamin pasangan yang sempurna -- itu sepenuhnya bergantung pada karma Anda.

Manfaat Energi Chi bagi Kehidupan
Energi chi mengalir di dalam tubuh dengan cara yang sama seperti darah. Untuk mengetahui bagaimana energi chi di lingkungan mempengaruhi kehidupan Anda, sebaiknya Anda memahami bagaimana ia bergerak di dalam tubuh Anda. Di sepanjang pusat tubuh terdapat tujuh pemusatan energi yang disebut chakra yang mirip dengan organ besar tempat darah berkumpul.
Energi yang menyebar dari chakra ada 14 jalur energi chi yang disebut meridian. Ke-14 jalur energi itu mengalir melalui tangan, lengan, torso, dan kepala. Seperti aliran darah dan kapiler, mereka membawa energi chi ke saluran-saluran yang lebih kecil sampai setiap sel terisi dengan darah dan energi chi.
Darah membawa oksigen dan zat gizi, sedangkan energi chi membawa pikiran, ide, emosi, dan impian dalam hidup Anda. Ia juga membawa sebagian energi chi dari lingkungan. Karena itu, apa yang dipikirkan dan di mana Anda memikirkannya akan mempunyai pengaruh langsung pada sel-sel dalam tubuh Anda. Pikiran mempunyai pengaruh langsung pada kesehatan fisik.
Banyak orang merasakan manfaat dari berpikir positif dan sebagian mengklaim telah sembuh dari penyakit serius karena berpikir positif. Orang bisa sembuh dengan pindah ke lokasi baru. Datang ke spa atau lokasi yang mempunyai sarana penyembuhan merupakan cara yang sudah menjadi tradisi. Energi chi bekerja seperti proses dua arah. Pikiran Anda mempengaruhi energi chi Anda, dan energi chi Anda mempengaruhi cara Anda berpikir. Jadi, lingkungan Anda akan mempengaruhi energi chi Anda dan hal itu akan mempengaruhi cara Anda berpikir dan merasa.
Seperti pohon yang ditanam di tanah yang terbaik sesuai dengan kebutuhan pohon itu, kita berusaha menenam energi chi terbaik. Dengan pindah dari satu rumah ke rumah lain, dari satu kota ke kota lain, atau dari negara satu ke negara lain, Anda mendapatkan kesempatan untuk mengubah energi chi. Dengan cara itu, maka cara Anda berpikir dan merasa juga berubah.
Kalau energi chi di tempat Anda tinggal sesuai dengan chi yang Anda butuhkan untuk kebahagiaan, berarti ia mempunyai pengaruh positif dalam hidup Anda. Sayangnya, mungkin saja rumah Anda berdampak buruk terhadap Anda dan energi chi di beberapa tempat dapat berpengaruh negatif terhadap diri Anda.
Banyak faktor yang mempengaruhi energi chi yang datang ke tubuh Anda, seperti makanan, cuaca dan orang yang tinggal dengan Anda. Di dalam istilah feng shui, pengaruh utama adalah energi chi dari lingkungan. Itu mencakup rumah, lokasi kerja, dan lansekap di sekeliling. Bangunan jga mempunyai pengaruh sendiri. Berada dalam bangunan besar dengan banyak ornamen seperti museum dapat membuat Anda penuh inspirasi, gembira, dan bersemangat.
Bangunan kecil dan nyaman seperti cottage, kafe atau bar akan membuat rileks dan akrab. Lokasi bangunan juga mempengaruhi jenis chi yang masuk ke dalam tubuh Anda. Energi chi di daerah pedesaan berbeda dengan yang di kota. Bepergian ke berbagai tempat di dunia dapat memberi Anda kesempatan untuk mengalami jenis energi chi yang sangat berbeda.
Sebagian situasi mengakibatkan tipe chi yang tak menguntungkan, yang mendatangkan masalah bagi penghuni bangunan, bahkan sakit fisik maupun mental.
Pertama, chi negatif. Bangunan atau pelengkap rumah tertentu yang mempunyai efek negatif terhadap energi chi. Serat sintetis, bahan bangunan sintetis, pencahayaan buatan dan pendingin ruangan mengandung energi chi buatan yang secara negatif mempengaruhi energi chi penghuni dan dapat mengakibatkan kelelahan mental dan fisik.
Kedua, chi mandek. Energi chi bisa mengalir lamban di pojok yang gelap, ruang yang berantakan dan kelembaban. Akibat berikutnya, energi chi Anda akan lambat sehingga mendatangkan problem kesehatan serius dan mengacaukan arah kehidupan Anda.
Ketiga, energi chi yang bergerak cepat dalam garis lurus dapat mengacaukan aliran yang melewati seluruh bangunan. Karena itu, koridor panjang, bagian bangunan yang lurus, atau berbagai hal membentuk garis lurus harus dihindari. Ia bergerak cepat, mendorong sebagian chi Anda, membuat Anda merasa tak nyaman dan terancam.

Meningkatkan Chi Keberuntungan di Ruang Tamu
Ruang tamu selain dijadikan sebagai tempat penerima tamu, juga menjadi tempat dimana seluruh keluarga berkumpul dan bercengkrama. Sehingga feng shui yang baik di ruang tamu bisa meningkatkan kerukunan, kemakmuran dan sukses bagi seluruh keluarga. Jadi, ruangan itu sangat baik untuk ditingkatkan.
Ruang tamu berbentuk kotak atau persegi panjang adalah bentuk yang sangat menguntungkan. Jika pintu utama terbuka ke arah ruang tamu, hindari jendela yang berseberangan secara langsung. Selain itu, tidak baik menempatkan lemari kabinet tinggi atau kursi bersebelahan atau terlalu dekat dengan pintu utama.
Bahan bagi lantai dan desainnya sebaiknya beraturan. Bila dimasa lalu ada trend penggunaan marmer atau keramik patah yang disusun secara zigzag itu akan menampilkan bentuk tak beraturan dan membingungkan terhadap ruang tamu.
Jika lantai Anda bercorak karena menggunakan kayu, parquet (lantai kayu bercorak) atau desain karpet, pastikan garis yang berbentuk pada corak tersebut tidak tanda silang atau segi tiga yang berbahaya. Garis lurus yang menyebrangi ruangan dari pintu depan ke dalam disebut sebagai menarik chi ke dalam rumah. Namun, jika garis tersebut terlihat keluar, chi juga akan mengalir keluar. Sebaiknya, hindari memiliki corak seperti itu.
Di ruang tamu, langit-langit ruangan dapat meningkatkan feng shui Anda, atau bisa juga menyebabkan kesengsaraan. Ruang tamu modern saat ini, kadang pada langit-langitnya dihiasi dengan berbagai hiasan menonjol tersebut, ujungnya berbentuk bulat, mereka tidak akan menyakiti feng shui Anda.
Yang perlu Anda hindari adalah langit-langit yang punyai desain kotak yang ujung-ujungnya menonjol atau cekungan. Adalah baik jika langit-langit bagian tengah ruang tamu dibiarkan kosong sehingga Anda bisa menggantungkan peningkat feng shui-- seperti chandelier kristal, misalnya.
Langit-langit miring atau memiliki kayu kaso yang terlihat, dapat secara serius mempengaruhi feng shui ruang tamu Anda. Untuk memperbaiki kayu kaso yang menonjol sama dengan memperbaiki palang menonjol. Jika Anda punya langit-langit miring, perbaiki ketidakseimbangan tersebut dengan meningkatkan chi dengan menggunakan lampu pada bagian langit-langit yang rendah.
Tangga melingkar di ruang tamu bukan ide yang baik. Banyak apartemen kuno yang punya lantai melingkar itu untuk menghubungkan lantai mezzanine. Meskipun bagi pandangan interior desain seperti itu adalah bagus, namun pada kenyataannya, tangga melingkar menciptakan energi negatif dan sangat tidak menguntungkan bagi rumah. Jika Anda punya tangga seperti itu di rumah, coba ganti dengan tangga yang teratur dan solid.
Pengaturan sofa dan meja kopi di ruang tamu menguntungkan jika pada umumnya mereka memiliki desain bulat. Pengaturan bentuk L tidak direkomendasikan karena akan memunculkan sudut, tentu saja, akan menyebabkan hawa merugikan. Sangat baik meletakkan meja kopi di tengah dan sofa mengelilinginya.
Perabotan baru lebih disarankan daripada perabotan antik. Kecuali Anda benar-benar memahami tentang asal usul dari perabot antik tersebut, bukan ide bagus untuk membawa perabot kuno ke dalam rumah karena hal tersebut bisa mengumpulkan energi buruk yang sangat banyak atau energi tragis.
Hindari lemari ukir yang berat dan dekorasi binatang buas. Energi dari lemari berat tersebut akan menelan rumah yang kecil. Lebih baik dekorasi perabot dengan garis simpel. Lemari dengan desain silang, berlian, dan bentuk penunjuk lainnya tidak membawa keberuntungan.
Pilih perabot yang berbentuk pintu dibanding berbentuk rak-rak saja. Rak buku tak berpintu menggambarkan ancaman terhadap kemakmuran secara umum. Pengaruh dari rak buku tak berpintu adalah karier yang tidak berakhir dengan cara yang baik.

Mengenal Cara Kerja Chi terhadap Kehidupan
Untuk mengetahui bagaimana energi chi di lingkungan mempengaruhi kehidupan Anda, sebaiknya Anda memahami bagaimana ia bergerak di dalam tubuh Anda. Energi chi mengalir di dalam tubuh dengan cara yang sama seperti darah. Di sepanjang pusat tubuh terdapat tujuh pemusatan energi yang disebut chakra yang mirip dengan organ besar tempat darah berkumpul.
Energi yang Menyebar dari chakra ada 14 jalur energi chi yang disebut meridian. Ke-14 jalur energi itu mengalir melalui tangan, lengan, torso dan kepala. Seperti aliran darah dan kapiler, mereka membawa energi chi ke saluran-saluran yang lebih kecil sampai setiap sel terisi dengan darah dan energi chi.
Darah membawa oksigen dan zat gizi, sedangkan energi chi membawa pikiran, ide, emosi dan impian dalam hidup Anda. Ia juga membawa sebagian energi chi dari lingkungan. Karena itu, apa yang dipikirkan dan di mana Anda memikirkannya akan mempunyai pengaruh langsung pada sel-sel dalam tubuh Anda. Pikiran mempunyai pengaruh langsung pada kesehatan fisik.
Banyak orang merasakan manfaat dari berpikir positif dan sebagian mengklaim telah sembuh dari penyakit serius karena berpikir positif. Orang bisa sembuh dengan pindah ke lokasi baru. Datang ke spa atau lokasi yang mempunyai sarana penyembuhan merupakan cara yang sudah menjadi tradisi.
Energi chi bekerja seperti proses dua arah. Pikiran Anda mempengaruhi energi chi Anda, dan energi chi Anda mempengaruhi cara Anda berpikir. Jadi, lingkungan Anda akan mempengaruhi energi chi Anda dan hal itu akan mempengaruhi cara Anda berpikir dan merasa.
Seperti pohon yang ditanam di tanah yang terbaik sesuai dengan kebutuhan pohon itu, kita berusaha menenam energi chi terbaik. Dengan pindah dari satu rumah ke rumah lain, dari satu kota ke kota lain, atau dari negara satu ke negara lain, Anda mendapatkan kesempatan untuk mengubah energi chi. Dengan cara itu, maka cara Anda berfgikir dan merasa juga berubah.
Kalau energi chi di tempat Anda tinggal sesuai dengan chi yang Anda butuhkan untuk kebahagiaan, berarti ia mempunyai pengaruh positif dalam hidup Anda. Sayangnya, mungkin saja rumah Anda berdampak buruk terhadap Anda dan energi chi di beberapa tempat dapat berpengaruh negatif terhadap diri Anda.
Banyak faktor yang mempengaruhi energi chi yang datang ke tubuh Anda, seperti makanan, cuaca dan orang yang tinggal dengan Anda. Di dalam istilah feng shui, pengaruh utama adalah energi chi dari lingkungan. Itu mencakup rumah, lokasi kerja dan lansekap di sekeliling. Bangunan jga mempunyai pengaruh sendiri. Berada dalam bangunan besar dengan banyak ornamen seperti museum dapat membuat Anda penuh inspirasi, gembira, dan bersemangat.
Bangunan kecil dan nyaman seperti cottage, kafe atau bar akan membuat rileks dan akrab. Lokasi bangunan juga mempengaruhi jenis chi yang masuk ke dalam tubuh Anda. Energi chi di daerah pedesaan berbeda dengan yang di kota. Berpergian ke berbagai tempat di dunia dapat memberi Anda kesempatan untuk mengalami jenis energi chi yang sangat berbeda.
Sebagian situasi mengakibatkan tipe chi yang tak menguntungkan, yang mendatangkan masalah bagi penghuni bangunan, bahkan sakit fisik maupun mental.
Pertama, chi negatif. Bangunan atau pelengkap rumah tertentu yang mempunyai efek negatif terhadap energi chi. Serat sintetis, bahan bangunan sintetis, pencahayaan buatan dan pendingin ruangan mengandung energi chi buatan yang secara negatif mempengaruhi energi chi penghuni dan dapat mengakibatkan kelelahan mental dan fisik.
Kedua, chi mandek. Energi chi bisa mengalir lamban di pojok yang gelap, ruang yang berantakan dan kelembaban. Akibat berikutnya, energi chi Anda akan lambat sehingga mendatangkan problem kesehatan serius dan mengacaukan arah kehidupan Anda.
Ketiga, chi cepat. Energi chi yang bergerak cepat dalam garis lurus dapat mengacaukan aliran yang melewati seluruh bangunan. Karena itu, koridor panjang, bagian bangunan yang lurus, atau berbagai hal membentuk garis lurus harus dihindari. Energi chi yang bergerak cepat yang mengarah pada Anda dapat mendorong sebagian chi Anda, membuat Anda merasa tak nyaman dan terancam.

Waspadai Letak Toilet di Apartemen
Bila apartemen Anda terkondisikan dalam dua lantai, selalu pastikan Anda tidak pernah memiliki ruang makan atau pintu utama yang terganggu oleh toilet di lantai atas.
Selalu tidurlah di tingkat atas. Jadi, tempatkan kamar tidur di sana. Bila Anda memiliki apartemen dengan lantai terpisah, pastikan keluarga makan di tingkat atas dan ruang tamu dan ruang keluarga di tempatkan di lantai bawah.
Tangga harus di sisi apartemen dan tidak di tengah. Tangga terpisah atau terbuka menyebabkan kekayaan meresap, jadi isi tangga terbuka untuk nasib baik. Tangga melingkar beruntung, tetapi tangga spiral tidak cocok untuk di dalam rumah. Hal itu bisa sangat buruk di dalam apartemen.
Bila Anda memiliki lantai mezzanin dalam apartemen, bukan ide baik untuk tidur di tingkat tengah.
Langit-langit sangat tinggi boleh, tetapi hanya bila apartemen Anda luas dan punya ruang lantai yang cukup untuk langit-langit tinggi. Jika tidak, efek keseimbangan yang diciptakan akan menyebabkan chi menjadi buruk karena dipaksa menjadi talang.
Apartemen yang memiliki dua atau tiga kamar tidur harus memperhatikan aliran chi dalam rumah sebagai titik awal melakukan feng shui. Biarkan aliran chi berputar.
Adalah ide bagus untuk memiliki ruang kecil langsung ke muka pintu masuk agar chi yang masuk berdiam sebentar sebelum bergerak ke seluruh ruang. Jadi, menempatkan tanaman di dekat ruang masuk akan menyebabkan chi berhenti sejenak -- ini adalah hal yang baik.
Bila Anda memiliki cermin di sana, pastikan tidak langsung memantulkan pintu utama karena itu akan mengirim chi keluar lagi. Jika memiliki apartemen lantai dasar, Anda boleh menempatkan unsur air di sisi kiri pintu (dari dalam melihat keluar) karena itu akan menyebabkan chi diam sebentar dan membantunya menjadi menguntungkan.
Namun, ingatlah bahwa air di dekat pintu masuk tidak boleh merupakan lubang ditanah seperti kolam-- mangkuk ikan kecil cukup ideal.
Penghuni rumah paling berpengaruh --suami atau istri atua ibu dan ayah, siapa pun yang paling penting-- harus menempati kamar tidur yang terletak di sektor paling menguntungkan. Gunakan kompas untuk mendapatkan arah Anda di dalam apartemen. Ingatlah, dengan menggunakan kamar tidur, misalnya, mengaktifkan chi tetapi dalam kamar yang dibiarkan kosong atau jarang dipakai, chi dapat mampet.
Bila Anda memiliki koridor dalam apartemen, tempatkan benda dekoratif di sepanjang koridor, tetapi cobalah melakukannya tanpa membuatnya berdesakan. Jika chi Anda terhambat akan membatasi nasib baik Anda. Gagasan yang ditawarkan adalah memperlambat aliran chi karena energi yang bergerak cepat di koridor lurus membawa nasib buruk.
Bila Anda memiliki ruangan di ujung koridor panjang, Anda harus melambatkan aliran chi untuk menguntungkan penghuni kamar atau ruang lain disana. Tempatkan lukisan di dinding atau tanaman di sepanjang koridor dan biarkan tempat itu terang.
Masalah unik yang dihadapi penghuni apartemen bila pintu apartemen langsung menghadap lift. Itu seperti menghadapi macan yang berdiri di muka pintu. Itu dapat menjadi unsur yang sangat buruk dan terutama buruk itu adalah lift pribadi yang langsung membuka ke apartemen Anda. Itu adalah situasi yang sangat berbahaya yang harus diatasi dengan mencari pintu lain untuk digunakan sebagai pintu masuk apartemen.
Bila Anda tidak dapat menggunakan pintu alternatif, menggunakan lonceng angin langsung di depan lift adalah salah satu solusi. Gunakan lonceng angin kayu dibanding lonceng angin logam dan pastikan batangnya berlubang. Lebih baik lagi jika terbuat dari bambu. Dengan cara itu, chi buruk dari lift dialihkan. Juga, tempatkan lampu terang di depan pintu utama untuk meningkatkan energi.

Bunga untuk Keberuntungan Sepanjang Tahun
Secara tradisional, beberapa keluarga Tionghoa memajang bunga empat musim dalam bentuk lukisan atau porselen atau objek dekorasi lainnya. Kehadiran bunga itu menyatakan keberuntungan sepanjang tahun.
Orang Tionghoa tahu bahwa feng shui memiliki dimensi waktu dan dalam sepanjang tahun itu bulan berubah. Demikian pula chi tak terlihat yang mengisi ruang itu. Jadi, selalu ada simbol di rumah yang mencoba mengurangi pengaruh bintang yang buruk dan terganggu.
Satu yang paling disukai adalah bunga krisan kuning. Bunga tersebut selalu dipajang oleh orang Tionghoa kaya pada setiap musimnya. Bunga lainnya adalah magnolia putih, peoni semua warna, kuncup bunga plum dan anggrek. Selalu ikuti feng shui tentang menghindari tanaman yang gatal atau bunga yang berduri--khususnya duri tersembunyi yang selalu dianggap tidak baik.
Tanaman yang tumbuh sehat juga sangat baik di sektor pertumbuhan rumah. Bila Anda tidak memiliki tanaman asli atau sulit tumbuh, tanaman atau pohon palsu dengan daun sutra adalah yang paling sesuai.
Hindari tanaman mati atau bunga kering di sektor pertumbuhan-- tak ada yang membunuh chi lebih cepat daripada hal itu. Jadi apabila Anda memajang bunga segar, pastikan Anda membuangnya begitu mulai membusuk. Proses pembusukan langsung menciptakan chi yin yang membahayakan.
Satu hal penting yang harus di miliki di timur dan tenggara -- baik dengan benda aslinya ataupun gambar -- adalah apa yang disebut orang Tionghoa sebagai tiga teman musim dingin. Itu adalah cabang pohon pinus -- yang menyatakan umur panjang, bunga plum yang memiliki kemampuan untuk mekar dalam kesulitan dan bambu yang melambangkan kebijakan untuk menerima angin yang menguasau dan melenturkan kembali dengan fleksibel bila saatnya membaik.
Bila semua itu ada di rumah, ketiganya memastikan bahwa keluarga selalu bertahan dalam setiap perubahan peruntungan mereka. Bila Anda memiliki itu semua, Anda tidak akan tahu bahwa Anda telah melalui masa sulit sampai semuanya berlalu dan Anda melihat ke belakang untuk kemudian menyadari bahwa Anda baru saja melalui masa buruk.
Feng shui baik melindungi Anda dari merasakan sulitnya masa buruk, memungkinkan Anda melaluinya dengan ketenangan bahkan dengan humor. Tanaman bunga juga mempunyai efek yang baik dari pengaruh buruk pada energi chi dari peralatan elektronika yang memiliki radiasi seperti microwave oven atau televisi. Bunga yang terbaik adalah lili.
Jambangan atau pot bunga mempunyai pengaruh, tergantung pada bentuk dan bahan dasarnya. Jambangan gelas berbentuk melengkung menambah ketenangan energi chi dan ideal diletakkan di utara ruangan atau rumah.
Wadah tinggi dari kayu menambah peningkatan energi pohon yang berkaitan dengan peningkatan karir dan idealnya diletakkan di timur atau tenggara. Anda hanya perlu memberinya pelapis tahan air.
Jambangan lancip atau berbentuk piramida menambah energi chi pohon yang berkaitan dengan ketenaran, pengakuan publik, dan gairah. Kalau warnanya ungu akan lebih terpacu lagi. Idealnya, bila diletakkan di Selatan.
Wadah atau mangkuk dari tanah liat berbentuk rendah menambah ketenangan chi tanah yang berkaitan dengan keharmonisan keluarga. Idealnya diletakkan di Barat Daya atau Timur Laut.
Untuk wadah logam bundar meningkatkan energi chi logam yang berkaitan dengan keromantisan kepuasan, gaya dan penghasilan. Warna merah dan perak akan mengintensifkan efek itu. Idealnya diletakkan di barat atau barat laut.


Mengatur Ruang Kerja di Rumah
Bekerja di rumah memberi banyak keuntungan. Anda dapat mengatur sendiri tahapan kerja dan bagaimana pengerjaannya. Selain itu, Anda juga lebih bisa mengatur lingkungan kerja. Anda bisa memilih di mana Anda duduk, jenis pencahayaan yang cocok, bentuk meja dan sebagainya. Itu memberi kesempatan pada Anda untuk membuat rancangan yang dapat meningkatkan produktivitas dan keefektifan, afar Anda bisa meraih kesuksesan yang Anda tuju. Segala sesuatu di ruangan harus mendukung, bukan melawan Anda.
Banyak orang menggunakan kamar tidur sebagai kamar kerja. Dalam pandangan feng shui, adalah sulit menciptakan lingkungan yang sesuai untuk tidur sekaligus kerja. Karena kebutuhan kedua hal itu berlawanan. Karena itu, sebaiknya gunakan ruangan terpisah sebagai kantor atau tempatkan ruang kerja Anda di ruang duduk.
Salah satu tantangan untuk kantor di rumah, studio atau ruang kerja yang modern adalah menyeimbangkan radiasi elektrik dari berbagai peralatan elektronik dengan energi chi yang lebih alami. Posisi meja dan kursi terhadap komputer, printer, telepon, mesin fak dan mesin foto kopi adalah vital. Begitu juga dengan arah benda-benda itu di dalam ruangan.
Posisi ideal untuk kantor di rumah adalah timur, tenggara, selatan dan barat laut rumah Anda. Setiap posisi mempunyai kebaikan, tergantung pada jenis bisnis atau tingkat karir Anda.
Timur mempunyai energi chi yang membantu Anda menjadi lebih sibuk, aktif, terfokus dan dapat mewujudkan ide menjadi kenyataan. Itu adalah posisi terbaik untuk memulai bisnis baru, atau mengawali suatu karier. Energi chi di tenggara begitu juga, tetapi lebih lunak. Energi itu baik untuk komunikasi dan perkembangan serta pertumbuhan bisnis yang harmonis.
Energi chi yang berapi-api di selatan akan membantu Anda lebih memperhatikan bisnis Anda, dan akan lebih menggiring ANda untuk meraih pengakuan atas sukses Anda. Kalau sukses Anda ada di mata publik, selatan adalah tempat yang baik untuk kantor Anda.
Barat laut ideal untuk kepemimpinan, organisasi dan untuk mendapatkan serta mempertahankan rasa hormat dari orang lain--kualitas yang membantu kalau Anda bekerja dengan atau membawahi sebuah tim.
Atmosfer ideal untuk kantor adalah sibuk dan bersemangat, tetapi tidak menimbulkan stress. Ruang itu harus membuat Anda gembira selama berjam-jam. Karena itu, perlengkapan kantor di ruamh harus lebih bersifat Yang, tetapi seimbangkan dengan elemen yang lebih tenang bersifat Yin.
Ruang kerja biasanya mempunyai banyak barang-- kertas, file, buku dan sebagainya. Buatlah rak dalam jumlah yang cukup agar kertas Anda terlihat rapi dan teratur. Hindari juga kemandekan chi karena keadaan yang berantakan. Sebaiknya rak dan lemari dalam keadaan tertutup.
Meja kerja dan perlengkapannya berpengaruh pada produktivitas Anda. Meja besar akan membantu Anda merasa bermartabat dan kuat. Selai itu, meja seperti itu, mengandung kesan bahwa Anda mempunyai keleluasaan untuk berkembang. Meja kecil yang penuh bisa membuat Anda tegang dan merasa langkah Anda terhalang.
Meja bundar atau oval bisanya lebih disarankan daripada meja bujur sangkar atau persegi panjang. Kedua meja yang disebut pertama itu lebih rileks untukpekerjaan yang makan waktu lama. Dan karena tidak mempunyai sudut tajam, chi memotong tidak terbentuk.
Meja kayu menunjang aliran energi chi yang alami, membuat Anda merasa betah di rumah. Kayu lunak bersifat yin seperti pinus menumbulkan perasaan rileks, sedangkan kayu keras seperti jati dan mahoni bersifat formal. Kaca bersifat memberi rangsangan semangat, tetapi untuk pekerjaan yang membutuhkan waktu lama sebaiknya digunakan kayu.
Anda harus memperhitungkan kebutuhan orang lain, selain kebutuhan pribadi. Bila ada beberapa orang bekerja di ruangan yang sama dan merupakan satu tim, atur kursi-kursinya dalam posisi yang harmonis. Biasanya, yang terbaik adalah meja-meja ditata menghadap pusat ruangan.
Kalau Anda biasa melakukan rapat di rumah, atur kursi-kursinya agar tamu Anda merasa nyaman bekerja dengan Anda. Kalau ruangan kerja tersebut cukup besar, cobalah membuat sekat atau raungan rapat khusus. Prinsip-prinsipnya mirip dengan pengaturan tempat tamu pada saat perjamuan makan malam atau ruangan tamu. Setiap arah harus mempunyai karakteristik khusus yang menonjolkan kualitas setiap oang yang duduk di posisi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar