Sabtu, 08 September 2012

Mengatur Posisi Tempat Tidur

Apakah tempat tidur Anda telah diletakkan pada posisi yang paling baik di kamar tidur Anda? Dalam feng shui, kunci untuk mendapatkan istirahat malam yang baik adalah pada penempatan tempat tidur. Bila tempat tidur diletakkan di tempat yang tepat, dapat dipastikan Anda akan tidur nyenyak di malam hari. Namun, ada pula beberapa posisi yang harus dihindari.
Tempat tidur tidak boleh menghadap pintu. Bila Anda tidur dengan kepala menghadap ke pintu kamar tidur, vitalitas Anda akan tersedot ke luar. Tidur dengan arah itu juga memungkinkan roh jahat mengembara masuk ke dalam kamar sehingga kemungkinan Anda akan mengalami mimpi buruk.
Bila tidur dengan kaki menghadap ke pintu, umumnya dikenal sebagai "posisi peti mayat". Posisi itu sama dengan posisi ketika orang meninggal disemayamkan di dalam rumahnya sebelum pemakaman.
Tidur dengan membelakangi atau terlalu dekat dengan pintu kamar tidur akan menimbulkan kegelisahan karena pintu seringkali digunakan.
Nasib buruk akan menimpa orang yang tidur dengan kepala yang menghadap ke kaki orang lain. Di negara-negara tertentu pada zaman dahulu, orang menghormati raja dengan mencium kakinya. Hal itu menunjukkan bahwa orang itu lebih rendah kedudukannya. Apabila orang tidur dengan cara seperti itu, ia tidak akan mungkin dapat menaiki tangga kesuksesan.
Tabu lainnya adalah tidur menghadap toilet. Karena toilet adalah tempat kotoran itu dibuang. Tidur dengan menghadap ke toilet akan mendatangkan kemalangan karena getaran yang buruk dari arah itu akan mendatangkan penyakit.
Jangan pernang memasang lampu terang benderang di atas kepala yang langsung menyorot Anda. Cahaya langsung menyilaukan akan merusakkan mata Anda. Dalam akupunktur, sumber energi berasal dari hati dan kantung empedu. Kedua organ tubuh itu akan terpengaruh jika mata Anda terkena.
Efek tempat tidur dari logam. Tempat tidur dari logam sangat merusak karena memungkinkan yin-chi dari tanah merayap ke dalam tubuh seseorang. Anda pun akan menderita penyakit yang kronis.
Untuk melewatkan malam yang menyenangkan, letakkan selalu tempat tidur Anda sejajar dengan lantai papan. Jika tidak, chi yang mengalir sepanjang lantai papan akan membelah posisi tidur Anda yang mengakibatkan imsomnia.
Sebuah cermin tidak boleh menghadap ke kaki tempat tidur Anda. Itu karena Anda mungkin akan ketakutan ketika bangun dan melihat bayangan sendiri di dalam cermin. Hal itu dapat mengakibatkan syok, gugup, atau bahkan serangan jantung.
Tempat tidur beroda tidak baik karena melambangkan tidur yang gelisah. Hal itu juga mengingatkan orang akan rumah sakit, di mana tempat tidur semacam itu lazim dijumpai.
Tempat tidur menyudut. Walaupun horoskop Anda mungkin mengatakan bahwa Anda harus tidur ke arah tertentu, dan mungkin saja berarti Anda harus meletakkan tempat tidur Anda menyudut, namun janganlah pernah diletakkan dengan posisi tersebut. Karena semua sudut menangkap chi ke dalam perangkap, energi yang luar biasa menumpuk itu akan membingungkan Anda atau mengganggu kedamaian pikiran Anda.
Tidur di lantai tanpa tempat tidur yang layak akan sangat buruk feng shui-nya karena bumi mengandung banyak yin dan tubuh manusia pun akan dengan mudah menyerap energi itu. Dalam jangka panjangnya, penumpukan elemen berlebihan seperti itu akan mendatangkan penyakit rematik atau kerusakan hati.
Ketinggian tempat tidur haruslah tidak lebih dari tiga kaki. Jika tidak kecelakaan pun dapat menimpa pemakainya.
Menyimpan buku-buku atau bentuk karya sastra di bawah tempat tidur termasuk tindakan yang buruk. Tidur di atas bahan-bahan seperti itu dianggap tidak menghormati ilmu pengetahuan. Tidur dengan posisi itu tidak akan bermanfaat bagi yang mencari pengetahuan akademis dalam bentuk apapun. (Tri Wahyuni)

Mengatur Posisi Tempat Tidur (2)

Feng shui yang menguntungkan untuk tidur adalah harus dalam posisi gunung. Maksudnya, tidur dengan bagian kepala tempat tidur dipasang kokoh ke tembok. Karena tembok melambangkan penyangga yang berupa gunung terhadap keadaan istirahat Anda, sehingga bisa memberi banyak keuntungan. Tidur dengan sandara kepala juga memberi perlindungan selama tidur.
Biasanya, sandaran kepala dari kayu dan kain yang menawarkan pendukung padat, tetapi lembut memberikan potensi terbaik untuk tidut malam yang nyenyak dan akumulasi energi chi positif. Sandaran dari kuningan atau besi biasanya punya lubang diantara tiangnya dan itu menawarkan sedikit perlindungan, dan tidak terlalu membantu pengumpulan chi.
Sandaran berbentuk setengah lingkaran menjorok ke atas mewakili feng shui baik, tetapi setengah lingkaran memberi kesan kurang lengkap. Sandaran berbentuk kura-kura kelihatannya lebih baik pada ranjang ganda. Pada ranjang tunggal, itu merupakan batu nisan dan itu tidak disukai oleh orang Tionghoa.
Sandaran yang memiliki bentuk menara lebih baik dihindari karena itu dipercaya menyebabkan masalah yang berhubungan dengan tungkai. Bentuk itu menyatakan unsur api dan tidur dengan api di belakang adalah buruk.
Sandaran berbentuk gelombang menyakatakan unsur air. Itu tidak baik atau buruk. Sedangkan sardaran berterap seperti tangga yang membawa nasib buruk. Sandaran seperti itu tidak baik karena dianggap tidak stabil. Sandaran yang memiliki bentuk segitiga mewakili unsur api. Ini bagus untuk Anda yang kekurangan energi, tampak lelah atau tidak melakukan cukup latihan. Namun, Anda harus mewaspadai sandaran itu karena energi api ketika tidur dapat menjadi berbahaya.
Sandaran berbentuk kipas lebih dekoratif dan dapat memiliki bentuk dan pola berbeda. Sandaran ini cocok untuk anak-anak yang sedang tumbuh, khususnya putri karena itu memiliki chi pelindung. Ketika sang putri tumbuh, sandaran berbentuk kipas membawa kesempatan perkawinan yang baik.
Bila ada pelat beton diatas tempat tidur, hindari. Karena hal itu hanya membuat orang yang tidur dibawahnya merasa tertekan. Solusinya adalah meletakkan tempat tidur pada posisi lain di dalam kamar sehingga jauh dari pelat beton tersebut.
Kamar tidur bisa saja terdiri dari dua lantai. Hubungan seseorang dengan orang lain akan aus atau mengalami erosi, apabila ia tidur di temnpat tidur yang diletakkan di tingkat bawah. Kemudian, foto perkawinan tidak boleh ditempatkan menghadap ke pintu, karena sama saja perkawinan dipersilakan bubar atau pergi melalui pintu keluar. Cara yang paling baik untuk mengatasi situasi itu adalah dengan menukarkan kamar itu dengan kamar lainnya.
Tidur diantara dua lemari tinggi adalah feng shui yang buruk. Karena posisi itu akan menghalangi aliran chi dan menyulitkan Anda memperoleh chi yang segar. Oleh karena itu, dianjurkan untuk memindahkan salah satu lemari tinggi tersebut.
Kamar tidur yang paling dekat dengan tangga seharusnya tidak memiliki bagian kepala tempat tidur yang diletakkan pada posisi yang menghadap tangga. Apabila Anda melakukannya, hidup Anda akan selalu bertambah buruk. Untuk mendapat keharmonisan yang lebih baik, pindahkan tempat tidur Anda ke posisi yang jauh dari tangga.
Meletakkan bagian kepala tempat tidur dekat dengan tembok toilet jelas buruk feng shui-nya. Kelembaban toilet akan meresap masuk melalui tembok sehingga mempengaruhi kesehatan. Hal yang sama berlaku bila satu sisi dari tempat tidur itu segaris dengan toilet. Bila orang dapat menggeser tempat tidur ke tengah kamar, maka hal itu akan jadi lebih baik.
Bila bagian kepala tempat tidur ditempatkan ke tembok milik bersama yang Anda bagi dengan tetangga, berusahalah untuk mengetahui apa yang diletakkan di balik tembok tersebut. Bila ternyata ada toilet di sana, yang jelas memiliki pengaruh negatif, Anda harus memindahkan tempat tidur jauh dari arah itu.
Bila tempat tidur Anda menggunakan penyekat kayu, periksalah apakah penyekat itu mudah goyah atau sudah terpasang dengan kokoh. Jika goyah, tembok imitasi itu jelas tidak ideal. Akan tetapi, jika kokoh, seseorang jelas akan mendapatkan jaminan untuk memperoleh penyangga yang baik.
Jangan biarkan ada celah di antara tempat tidur Anda dan tembok karena hal itu menunjukkan tidak adanya penyangga di belakang. Dengan demikian, yang paling baik adalah mendorong bagian kepala tempat tidur sampai menyentuh tembok untuk memberikan penyangga yang kokoh.
Cahaya kamar tidur tidak boleh terlalu terang karena hal itu dapat menciptakan energi yang yang menjadi kasar dan melukai di kamar tidur. Oleh karena itu, tidak disarankan memasang lampu gantung kristal atau lampu sorot di kamar.
Cahaya di atas kepala harus selalu ditempatkan dengan merata. Lampu itu harus kecil atau voltase rendah dan jumlah yang sempurna untuk lampu langit-langit adalah enam yang merupakan angka untuk langit. (Tri Wahyuni/habis)

Pojok Keberuntungan dalam Rumah

Pojok keberuntungan adalah sudut-sudut menguntungkan yang dapat dijumpai pada sebuah rumah maupun suatu kawasan bisnis. Sudut-sudut itu biasanya terletak di dekat jalan masuk.
Pojok keberuntungan yang baik adalah sudut-sudut yang strategis letaknya, sehingga chi murni berputar menuju bagian lain dari rumah.
Sudut-sudut itu dianggap sebagai sudut yang kuat karena mampu menangkap nafas kehidupan pertama yang tersedot masuk ke rumah itu. Karena nafas kehidupan pertama itu memiliki sifat generatif dan kekuatan kreatif dengan menempatkan benda-benda pembawa keberuntungan di situ akan memperkuat keberuntungan seseorang.
Sebuah rumah dengan pintu-pintu yang dipasang lurus biasanya sama sekali tidak memiliki pojok keberuntungan. Karena chi yang cepat itu akan masuk langsung dan keluar lagi melalui pintu yang terakhir.
Tembok menjorok yang menghadap ke pintu utama dapat membelah chi begitu chi memasuki rumah. Dengan demikian, nasib baik apapun yang ada di depan Anda kemungkinan akan hancur sebelum Anda berhasil meraihnya.
Mempunyai pintu utama yang menghadap ke pintu toilet sangat buruk feng shui-nya karena keberuntungan Anda akan turun ke saluran pembuangan. Tidak ada pojok keberuntungan yang dapat ditemukan di rumah seperti itu.
Tidak ada keberuntungan bila pintu utama menghadap tangga. Rumah seperti itu dapat saja menemukan sudut yang menguntungkan di bawah tangga-- bila ada tembok atau sesuatu yang pejal di samping tangga yang mematahkan aliran chi yang masuk. Sayangnya, bukan itu masalahnya. Faktor lain yang tidak sesuai dengan fakta bahwa gerakan-gerakan penghuninya yang naik turun tangga justru menghancurkan peruntungan yang masuk ke dalam rumah.
Memiliki ruang tempat penyimpanan yang menghadap ke pintu utama dari sebuah rumah adalah sangat buruk karena pojok keberuntungan akan terdapat di dalam sana. Dengan demikian, chi yang ada di sana akan berhenti. Begitu pula halnya dengan peruntungan seseorang.
Pojok keberuntungan dapat dijumpai tepat di ujung rumah. Dalam hal ini, pojok keberuntungan dapat disebut sebagai "pojok keberuntungan yang terlalu jauh". Oleh karena itu, pojok keberuntungan seperti itu tidak dapat dianggap sebagai sebuah keberuntungan karena peruntungan melintas ke seluruh rumah lebih dahulu sebelum orang dapat menerima apapun.
Pintu utama yang menghadap pintu kamar tidak memiliki pojok keberuntungan. Karena chi yang bergegas datang akan masuk ke kamar itu dan memperkuat sudut kamar. Oleh karena itu, kamar itu akan memonopoli nasib baik rumah itu dan meninggalkan penghuni lainnya dalam keadaan menderita.
Ada pojok yang tidak dapat menangkap keberuntungan. Sebuah tembok rendah yang menjorok ke luar dan segaris dengan tempat masuknya chi ke dalam rumah.
Situasi seperti itu akan sulit menangkap "kekuatan hidup". Itu disebut pojok yang tidak dapat menangkap keberuntungan. Hal itu tidak akan mendatangkan banyak hal positif bagi para penghuni rumahnya.
Bila ada pintu kamar di sidut keberuntungan. Kendati rumah itu telah memiliki pojok keberuntungan, tetapi sifatnya tidak merata. Karena keberuntungan langsung membelok masuk ke kamar tersebut. Hanya penghuni kamar itu yang mengalami keberuntungan, kamar-kamar lain menjadi merana.
Sebuah sudut yang memiliki terlalu banyak sisi bukanlah pojok yang sempurna. Tidak terlalu bagus bagi sebuah rumah untuk memiliki sudut seperti itu karena akan memotong-motong peruntungan seseorang.
Khusus untuk apartemen, pintu yang biasanya membuka ke dalam dan menghadap langsung ke pintu balkon tidak memiliki pojok keberuntungan. Chi yang mengalir ke dalam akan hilang seluruhnya dan langsung keluar melalui pintu balkon. Dengan demikian, hal itu tidak akan menciptakan pojok keberuntungan.
Pintu masuk yang menghadap jendela apartemen juga akan kehilangan chi yang langsung keluar melalui jendela. Dengan demikian, hal itu tidak akan menciptakan pojok keberuntungan bagi para penghuninya.
Pojok keberuntungan yang menghadap ke sebuah pintu akan langsung menerima chi yang selanjutnya akan kehilangan energinya kembali ke arah pintu yang sama. Sudut seperti itu memiliki kecenderungan yang negatif karena peruntungan tidak dapat dipegang. (Tri Wahyuni)

Aula Terang Membawa Nasib Baik

Aula terang feng shui adalah unsur paling penting untuk dibuat di rumah. Dengan tanah kosong di depan rumah Anda, tidak mungkin Anda tidak makmur.
Jika Anda cukup beruntung memiliki rumah dengan taman, harus dipastikan untuk mengarahkan pintu ke ruang terbuka ke taman. Biarkan bagian taman itu bersih dari pohon dan tanaman. Semak-semak rendah boleh, tetapi bukan tanaman yang terlalu tinggi.
Sebuah rumah kecil seharusnya tidak memiliki pintu masuk depan yang besar, karena hal itu menunjukkan ketidakseimbangan dan akan mengakibatkan ketidakharmonisan. Jadi perlu diseimbangkan antara bentuk rumah dengan halamannya untuk menciptakan aula terang.
Hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah kondisi teras. Maklum, teras atau beranda merupakan bangunan depan rumah yang sering diperbaiki. Apalagi kini sedang trend menutup berada dengan kanopi. Untuk mendapatkan feng shui yang bagus, beranda haruslah sebanding dengan rumah maupun jalan untuk mobil di halaman.
Bila beranda itu diperluas sampai terlalu jauh sehingga membuatnya tidak sebanding dengan rumahnya, pasti akan terjadi yin chi yang berlebihan, yang justru akan menghacurkan feng shui yang bagis.
Karena itu disarankan untuk menutup hanya separuh jalan untuk mobil di halaman. Keseimbangan itu justru memungkinkan terciptanya ventilasi dan penerangan yang layak. Feng shui-nya pun akan bagus pula.
Menutup teras hingga 3/4-nya masih ditolerir. Karena masih tercipta ventilasi dan penerangan yang layak.
Teras yang tertutup sama sekali, termasuk jalan untuk mobil di halaman, akan mendatangkan kegelapan pada pintu masuk bagian depan rumah. Sehingga, teras begitu banyak yin chi yang hanya akan mendatangkan kemalangan bagi para penghuni rumah. Feng shui-nya buruk.
Teras yang tertutup, tidak hanya seluruh jalan untuk mobil di halaman, tetapi juga sebagian dari kebun akan menciptakan terlalu banyak kegelapan. Feng shui-nya pun akan buruk.
Bila seluruh teras rumah tertutup, itu merupakan jenis perluasan yang paling buruk. Semua yang ada di kebun, beserta jalan untuk mobil di halaman menjadi gelap dan merusak keseimbangan yang terjadi dengan cahaya di siang hari. Kemalangan dan kesehatan yang buruk akan menimpa para penghuninya. Sehingga feng shui-nya pun akan menjadi sangat buruk.
Hal lain yang tergolong tabu adalah penempatan tangki air. Tangki air biasanya disembunyikan di loteng.
Dengan membiarkannya di tempat terbuka, hal itu seperti memamerkan kekayaannya, yang akhirnya akan hilang dicuri orang.
Demikian pula halnya dengan meletakkan tangki air di tas teras yang menghadap ke pintu utama. Hal itu seperti membiarkan kekayaannya hilang karena hanyut terbuang keluar.
Oleh karena itu, solusi terbaik adalah memindahkan tangki air itu ke tempat yang netral di dalam rumah. (Tri Wahyuni)

Menggunakan Simbol dan Angka Kemakmuran

Simbolisme adalah bagian penting dari feng shui. Pada zaman dahulu, nenek moyang mengkomunikasikan sesuatu yang tersirat maupun yang tersurat melalui simbol-simbol. Feng shui berhubungan dengan pengetahuan vital tentang tanda-tanda menguntungkan dan penggambaran dari bunga, buah dan pohon serta burung dan binatang. Semua eksiklopedia yang diterbitkan menjelaskan semua arti dari semua simbol.
Ada binatang langit yang dipercaya membawa keberuntungan sangat baik, mahluk yang keberadaannya hanyalah mitos dan berdasarkan legenda. Dalam feng shui, naga dan burung phoenix merupakan simbol yang hadir jika ada tanah datar dekat dengan lingkungan. Sedangkan macan dan kura-kura selalu dihubungkan dengan bukit dan gunung.
Jadi, jika ada tiga puncak yang terlihat dari rumah kita, ada anggapan tentang keberuntungan yang luar biasa bagi anak tetua laki-laki di dalam rumah. Tidak ada yang tahu apakah naga dan phoenix itu benar-benar ada. Sampai sejauh ini masyarakat China masih peduli, apakah hal tersebut berguna atau tidak. Mereka tidak terlalu memperdulikan. Yang penting adalah adanya simbolisasi tersebut, berwujud bukit dan gunung akan membawa keberuntungan yang baik.
Dalam kaitannya dengan simbolisme, dua aspirasi paling terkenal yang banyak ditemukan di rumah-rumah keluarga China adalah kemakmuran dan umur panjang. Untuk itulah, tiga Dewa Bintang-- Fuk, Luk dan Sau (Dewa Kekayaan, Kesehatan dan Umur Panjang) selalu ada. Ketiga dewa itu dipercaya membawa banyak sekali keberuntungan termasuk kemakmuran dan umur panjang.
Simbol-simbol dewa tersebut bisa dibeli di supermarket di mana saja. Namun yang perlu diingat bahwa mereka hanyalah simbolisasi saja, tidak untuk dewa dan dewi yang disembah. Dewa umur panjang --Sau-- hampir selalu digambarkan dengan dua simbol umur panjang lainnya yaitu rusa dan bunga peach. Pohon pinus juga merupakan simbol umur panjang lainnya, termasuk dalam lukisan gulung China.
Simbolisasi angka membawa dimensi tambahan dalam praktek feng shui. Bagi masyarakat Cina, khususnya, akan bertindak hati-hati jika menggunakan angka penting dalam bisnis dan kehidupan profesional. Mereka sangat memikirkan penggunaan angka-angka tersebut sehingga nomor telepon dan faksimili selalu diakhiri dengan angka menguntungkan 8 dan 9.
Angka 8 sangat menguntungkan. Bagi orang Canton, itu berhubungan dengan suara fonetik dari angka tersebut seperti tumbuh dalam kekayaan. Bahkan menurut numerologi Lo Shu dalam feng shui 8 adalah angka kaya yang berarti kemakmuran di masa yang akan datang.
Angka 9 adalah angka menguntungkan lainnya, bahkan dikatakan bahwa angka itu lebih menguntungkan dari angka 8 karena angka 9 menyimbolkan tentang kesempurnaan langit dan bumi. (Itu hanya berlaku bagi angka jika ditambahkan hasilnya 9, misalnya 9 kali 3 hasilnya 27, 2 ditambah 7 sama dengan 9. Lakukan itu dengan angka yang lain jika dikalikan dengan 9 hasilnya ...). Oleh karena itu, angka tidak bisa dimanipulasi.
Masyarakat Cina juga tidak melupakan angka 7 sebagai angka yang sangat menguntungkan karena menurut kalender Cina, sampai tahun depan kita akan melalui periode angka 7. Periode itu sampai dengan tahun 2003 yang kemudian akan berganti ke periode angka 8. Setelah tahun 2003, angka 8 akan menjadi angka yang keberuntungannya berlipat dua kali.
Kombinasi dari angka 7,8 dan 9 dalam berbagai konfigurasi sangat-sangat dijunjung tinggi. Pengecer Cina senang memberi harga barang mereka diakhiri dengan angka 8 seperti Rp 199.980 atau Rp 29.999. Mereka percaya itu membawa keberuntungan baik bagi pembeli maupun penjual.
Sementara itu, angka 4 dianggap tidak menguntungkan. Segala sesuatu yang diakhiri dengan angka itu mengatakan kematian, kerugian dan masalah. Jadi, tingkat 14 gedung multi toko berkonotasi membawa kemalangan bahkan lebih menderita dibandingkan dengan angka barat 13 (secara insidental dianggap menguntungkan bagi masyarakat Cina).
Rumah dengan nomor 4 biasanya sulit dijual. Sementara itu apartemen di tingkat 4 sangat tidak populer. Namun yang sangat menarik disini adalah bahwa 44 dan 48 dianggap sangat-sangat menguntungkan. Itu karena angka 4 dua kali bila ditambahkan berjumlah 8 menguntungkan. Sementara itu, angka 48 masih termasuk beberapa angka 8 yang menguntungkan. (Tri Wahyuni)

Meningkatkan Kemakmuran melalui Ruang Makan

Ruang makan sebaiknya ditempatkan pada atau sangat dekat dengan bagian tengah rumah. Idealnya, antara ruang keluarga dan dapur. Lokasi tengah rumah dianggap sebagai jantung rumah, dengan demikian menciptakan keberuntungan dari keluarga secara keseluruhan.
Akan terdapat harmonisasi antara orangtua dan anak-anak mereka, serta antara saudara kandung. Seperti juga ruang tamu, ruang makan sebaiknya dalam bentuk yang beraturan. Semua tembok menonjol atau bentuk sudut yang aneh sebaiknya disamarkan dengan taman atau perabot dekoratif. Lemari tinggi dan peti Korea adalah dua penyamar yang ideal.
Masalah feng shui yang biasanya ditemukan di ruang makan adalah letak ruangan tersebut dalam kaitannya dengan tata letak secara keseluruhan rumah. Karena ruang makan adalah jantung rumah, dimana seluruh keluarga berkumpul sehingga ruangan itu harus penuh dengan energi Yang termasuk musik, warna cerah dan warna menyala dari cat atau wallpaper.
Sangat penting menghindari ruangan atau pengaturan perabot yang dapat menciptakan energi Yin berlebihan pada ruang makan, karena itu bisa mengakibatkan ketidakberuntungan yang serius.
Pengaturan paling tabu hubungannya dengan meja makan adalah jangan sampai ditempatkan langsung di bawah kloset yang ada di kamar mandi atas. Makan dibawah kompor atau mesin cuci juga tidak baik, namun tidak terlalu bahaya. Jika Anda tinggal di bawah apartemen orang lain, coba Anda kenali tata letak ruangan di atas Anda.
Kemudian pastikan bahwa Anda tidak menempatkan perabot penting di bawah objek yang tidak menguntungkan dari lantas atas. Ingat, bahwa sesuatu yang menghancurkan tidak saja kamar mandi. Benda seperti kompor, oven, mesin cuci dan perabot berat seperti piano, juga dapat menyakiti jika berada di atas ruang makan.
Ruangan dengan jendela pada dinding yang saling berhadapan sebaiknya tidak digunakan sebagai ruang makan. Itu bisa menyebabkan chi yang tidak menguntungkan bisa melewati meja makan sehingga mempengaruhi tempat nasi keluarga.
Ruangan dengan satu dinding yang bersebelahan dengan kamar mandi sebaiknya tidak digunakan untuk ruang makan. Jika memang tidak bisa dihindari, pastikan bahwa sisi meja di mana makanan dihidangkan tidak menghadap pada dinding tersebut.
Ruang makan sebaiknya tidak terlihat dari luar atau terlalu dekat dengan pintu utama. Jika itu terjadi, tempatkan tirai antara pintu dan meja makan untuk melemahkan energi negatif dari keadaan salah tersebut.
Foto leluhur jangan ditempatkan di ruang makan. Foto dari anggota keluarga yang sudah tiada itu terlalu yin diletakkan di ruang makan. Lebih baik jika foto tersebut diletakkan di ruang tamu atau foyer rumah. Foto tersebut juga tidak tepat di kamar tidur.
Ruangan makan itu juga tidak boleh memiliki energi yang yang berlebihan. Jika jendela atau pintu terbuka ke arah terik matahari siang hari, pasang tirai untuk menghalangi sinar matahari yang terlalu langsung.
Jangan menemaptkan perabot antik atau patung antik di ruang makan. Kedua barang tersebut terlalu Yin. Jika Anda mempunyai perabot antik, tempatkan di ruang keluarga. Jika memungkinan jangan membeli perabota ntik dan patung antik secara bersamaan. Kedua barang tersebut tidak bagus untuk feng shui dan lebih cocok diletakkan di mueseum.
Juga sangat penting untuk menghindarkan ruang makan dari palang menonjol karena duduk dan makan di bawah sesuatu yang berat menciptakan masalah kesehatan. Jika di ruang makan Anda terlanjur ada palang menonjol, usahakan untuk menyamarkannya dengan langit-langit palsu atau atur meja sehingga tidak seorangpun duduk langsung dibawah palang menonjol itu.
Demikian juga langit-langit yang punya desain rumit bisa menyebabkan masalah feng shui karena mereka mengirimkan shar chi ke arah makanan yang dikonsumsi seluruh keluarga.
Ruang makan yang lebih rendah juga tidak baik. Lantai ruang makan harus selalu lebih tinggi dibandingkan lantai ruang keluarga. Pada rumah dengan dua lantai atau lebih, pengaturan tata letak ruangan menjadi hal yang lebih penting.
Jika lantai ruang makan lebih rendah daripada lantai ruangan lainnya, sebaiknya memasang lampu dengan kekuatan besar untuk meningkatkan chi. Juga seharusnya menempatkan tanaman tinggi di pojok ruang makan. Menempatkan tanaman merupakan ide yang bagus karena tanaman menggambarkan pertumbuhan. (Tri Wahyuni)

Kamar Mandi Harus Terang,
Kering dan Segar


Air adalah elemen utama di kamar mandi. Ruangan dengan banyak air cenderung mempunyai permukaan basah dan lebih lembab dibanding ruangan lainnya. Hal itu dapat mengakibatkan aliran energi chi yang lebih berat, yang akan mengarah pada kemandekan chi. Risiko itu terutama muncul kalau kamar mandi tidak terkena matahari dan tidak mendapat udara segar. Jadi kamar tanpa jendela tidak disarankan.
Kamar mandi sering merupakan ruangan kecil di rumah. Ruangan yang besar lebih baik untuk menghindari terbentuknya energi chi yang lembab dan mandek.
Saat ini kamar mandi di dalam kamar sedang disukai. Namun, dalam pandangan feng shui, kamar mandi seperti itu harus dihindari. Karena toilet biasanya terdapat dalam kamart mandi-- yang membuat terkumpulnya semua masalah berkaitan dengan kedua ruangan itu akibat pengaruh saluran pembuangan toilet bersifat merusak.
Kegiatan yang berlangsung di dalam kamar mandi melibatkan energi lima elemen (air, api, kayu, logam dan tanah) dalam bentuk murni. Karena itu, lokasi kamar mandi harus dipilih dengan cermat. Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah efek pembuangan kamar mandi dan toilet. Akibatnya, sulit memilih posisi kamar mandi yang bisa memberi pengaruh baik pada aliran energi chi di rumah secara umum.
Posisi kamar mandi yang tidak baik dapat memberi efek berbahaya, melarutkan energi chi ruangan yang lain di rumah itu. Apa pun arahnya, yang terbaik adalah tidak menempatkan kamar mandi berhadapan dengan pintu masuk, dekat tangga, dekat ruang makan atau dekat dapur.
Posisi kamar mandi dan toilet yang terbaik adalah sebelah timur dan tenggara. Air mendukung energi chi pohon lima elemen di timur dan tenggara dan merupakan bagian yang disinari matahari, kalau rumah itu mempunyai banyak jendela. Hal itu akan membuat kamar mandi menjadi kering. Kekeringan dan paparan terhadap sinar matahari dapat membantu mencegah terjadinya kemandekan chi.
Lokasi yang paling tidak baik adalah timur laut dari rumah Anda. Hindari sebisa mungkin. Begitu pula dengan lokasi lain yang mempunyai risiko terhadap kesehatan fisik dan mental kita. Pada umumnya, kita tidak bisa berbuat apa-apa terhadap posisi kamar mandi, karena memang sudah ada di sana.
Toilet harus tidak menarik perhatian. Untuk memperkecil larutnya dan terbuangnya energi chi yang terdapat pada ruang lain, posisi toilet harus cukup jauh dari pintu. Kalau kamar mandi cukup besar, letakkan toilet di timur atau tenggara ruangan, tersembunyi di balik setengah dinding atau tirai. Tutup toilet sebisa mungkin selalu tertutup, terutama ketika sedang membuang kotoran. Jagalah pintu kamar mandi agar selalu tertutup, terutama yang berada di dalam kamar.
Pipar bocor dan keran atau shower yang menetes pada umumnya akan menambah efek pelarutan di kamar mandi dan akan mengakibatkan kelembaban serta kemandekan chi. Toilet yang tersumbat juga menghalangi aliran energi chi. Jadi jagalah agar instalasi pipa dalam keadaan baik. Efek pelarutan dapat diperkecil kalau kamar mandi selalu rapi, bersih dan kering.
Taruh barang sesedikit mungkin di kamar mandi. Terlalu banyak barang akan mengakibatkan atmosfer yang lebih lembab dan mandek. Terutama hindari penggunaan kain terlalu banyak. Permukaan kamar mandi haruslah mudah dibersihkan dan kering. Permukaan yang mengkilap dan keras, seperti krom, lantai keramik dipoles, marmer dan kaca yang bersifat yang merangsang aliran energi chi serta mencegah kemandekan chi.
Kamar mandi merupakan suatu ruangan yang memerlukan usaha keras untuk mencegah terjadinya kemandekan chi. Karena itu, cermin merupakan benda yang cocok untuk kamar mandi. Ia dapat merupakan benda yang cocok untuk kamar mandi. Ia dapat mempercepat aliran energi chi. Di samping itu, cermin memberi kesan lapan pada kamar mandi--yang biasanya hanya berupa ruangan kecil. Namun, jangan menaruh cermin saling berhadapan. (Tri Wahyuni)

Bunga untuk Keberuntungan
Sepanjang Tahun


Secara tradisional, beberapa keluarga Tionghoa memajang bunga empat musim dalam bentuk lukisan atau porselen atau objek dekorasi lainnya. Kehadiran bunga itu menyatakan keberuntungan sepanjang tahun.
Orang Tionghoa tahu bahwa feng shui memiliki dimensi waktu dan dalam sepanjang tahun itu bulan berubah. Demikian pula chi tak terlihat yang mengisi ruang itu. Jadi, selalu ada simbol di rumah yang mencoba mengurangi pengaruh bintang yang buruk dan terganggu.
Satu yang paling disukai adalah bunga krisan kuning. Bunga tersebut selalu dipajang oleh orang Tionghoa kaya pada setiap musimnya. Bunga lainnya adalah magnolia putih, peoni semua warna, kuncup bunga plum dan anggrek. Selalu ikuti feng shui tentang menghindari tanaman yang gatal atau bunga yang berduri--khususnya duri tersembunyi yang selalu dianggap tidak baik.
Tanaman yang tumbuh sehat juga sangat baik di sektor pertumbuhan rumah. Bila Anda tidak memiliki tanaman asli atau sulit tumbuh, tanaman atau pohon palsu dengan daun sutra adalah yang paling sesuai.
Hindari tanaman mati atau bunga kering di sektor pertumbuhan-- tak ada yang membunuh chi lebih cepat daripada hal itu. Jadi apabila Anda memajang bunga segar, pastikan Anda membuangnya begitu mulai membusuk. Proses pembusukan langsung menciptakan chi yin yang membahayakan.
Satu hal penting yang harus di miliki di timur dan tenggara -- baik dengan benda aslinya ataupun gambar -- adalah apa yang disebut orang Tionghoa sebagai tiga teman musim dingin. Itu adalah cabang pohon pinus -- yang menyatakan umur panjang, bunga plum yang memiliki kemampuan untuk mekar dalam kesulitan dan bambu yang melambangkan kebijakan untuk menerima angin yang menguasau dan melenturkan kembali dengan fleksibel bila saatnya membaik.
Bila semua itu ada di rumah, ketiganya memastikan bahwa keluarga selalu bertahan dalam setiap perubahan peruntungan mereka. Bila Anda memiliki itu semua, Anda tidak akan tahu bahwa Anda telah melalui masa sulit sampai semuanya berlalu dan Anda melihat ke belakang untuk kemudian menyadari bahwa Anda baru saja melalui masa buruk.
Feng shui baik melindungi Anda dari merasakan sulitnya masa buruk, memungkinkan Anda melaluinya dengan ketenangan bahkan dengan humor. Tanaman bunga juga mempunyai efek yang baik dari pengaruh buruk pada energi chi dari peralatan elektronika yang memiliki radiasi seperti microwave oven atau televisi. Bunga yang terbaik adalah lili.
Jambangan atau pot bunga mempunyai pengaruh, tergantung pada bentuk dan bahan dasarnya. Jambangan gelas berbentuk melengkung menambah ketenangan energi chi dan ideal diletakkan di utara ruangan atau rumah.
Wadah tinggi dari kayu menambah peningkatan energi pohon yang berkaitan dengan peningkatan karir dan idealnya diletakkan di timur atau tenggara. Anda hanya perlu memberinya pelapis tahan air.
Jambangan lancip atau berbentuk piramida menambah energi chi pohon yang berkaitan dengan ketenaran, pengakuan publik, dan gairah. Kalau warnanya ungu akan lebih terpacu lagi. Idealnya, bila diletakkan di Selatan.
Wadah atau mangkuk dari tanah liat berbentuk rendah menambah ketenangan chi tanah yang berkaitan dengan keharmonisan keluarga. Idealnya diletakkan di Barat Daya atau Timur Laut.
Untuk wadah logam bundar meningkatkan energi chi logam yang berkaitan dengan keromantisan kepuasan, gaya dan penghasilan. Warna merah dan perak akan mengintensifkan efek itu. Idealnya diletakkan di barat atau barat laut. (Tri Wahyuni)

Memancing Keberuntungan Lewat Cermin

Cermin digunakan sebagai jalan keluar untuk berbagai permasalahan dalam feng shui. Bila diletakkan dengan cermat dapat membantu energi chi untuk bergerak lebih harmonis. Benda itu juga dapat mengatasi risiko yang disebabkan berbagai masalah, misalnya, koridor yang memanjang dan sempit, ruang kecil atau berbentuk L dan tangga kecil di depan pintu masuk.
Sebab, cermin mampu mengarahkan energi chi dan cahaya ke bagian rumah yang energi chi-nya mandek. Selain juga dapat memantulkan energi dari area yang kelebihan energi chi. Benda itu pun mampu membelokkan energi chi yang bergerak cepat, chi yang tak menguntungkan maupun chi yang memotong.
Ada dua jenis cermin yang digunakan dalam feng shui, yaitu cermin datar dan cermin cembung. Cermin datar untuk mengarahkan energi chi dalam satu arah, sedangkan cermin cembung menyebarkannya ke berbagai arah. Cermin cembung biasanya bundar, sedangkan cermin datar bisa dalam berbagai bentuk, misalnya, empat persegi panjang, bujur sangkar, bundar, oval atau tak beraturan.
Cermin segi delapan sisi bersifat harmonis dengan delapan arah. Namun, bentuk lain bisa juga mempunyai arti penting. Disamping itu, bahan dan warna cermin juga memberi sedikit pengaruh pada chi di sekelilingnya.
Cermin bundar dan oval berkaitan dengan energi chi loham. Bentuk bundar bersifat yang dan membantu menyatukan chi, sedangkan cermin oval bersifat yin dan karena itu menyebarkan chi. Bentuk persegi panjang dan ramping mendorong energi chi yang tegak ke atas. Kalau bentuknya kotak melebar berkaitan dengan energi tanah dan memberi atmosfer yang stabil dan tenang. Seperti bentuk bundar, bentuk bujur sangkar memberi efek menyatukan chi.
Selain cermin, benda apapun yang permukaannya mempunyai daya pantul dapat mempengaruhi aliran energi chi. Contohnya adalah segala sesuatu yang berkilau, misalnya, pengetuk pintu, kenop pintu, kotak surat, hiasan, gambar dilapisi kaca, wadah logam dan pelengkap lainnya. Benda datar, misalny, gambar dalam bingkai kaca berfungsi seperti cermin datar. Sedangkan benda yang mempunyai bentuk tertentu seperti pengetuk pintu berfungsi sebagai cermin cembung.
Semakin mengkilap dan memantu suatu permukaan, semakin kuat efeknya terhadap energi chi. Benda semacam itu dapat dipakai sebagai pengganti cermin. Bila diletakkan di area yang gelap seperti sudut ruangan, benda itu akan membuat energi chi tetap bergerak.
Cermin bisa digunakan untuk memperbaiki koridor yang panjang. Pasang cermin di kedua sisi koridor panjang untuk menggerakkan energi chi dari sisi yang satu ke yang lain dan memperlambat aliran itu. Disamping itu, koridor juga akan tampak lebih lebar. Di koridor yang gelap dan berbelok letakkan cermin cembung dibelokan agar Anda dapat melihat sekelilingnya. Kalau cahaya matahari bisa memantul di cermin itu, akan lebih baik. Cermin juga akan membantu chi mengalir di sekeliling belokan.
Gunakan cermin untuk memperluas ruangan yang berbentuk L. Gantungkan cermin agar dapat memantulkan bidang di depannya ke bagian yang berlekuk. Cermin itu juga akan mendorong chi untuk mengalir di ruangan sehingga dinding yang bercermin terlihat lebih jauh. Agar efektif, cermin sebaiknya besar. Kalau bisa malah menutupi seluruh dinding.
Cermin untuk memperluas ruangan kecil. Cermin datang berukuran besar dapat membuat ruangan yang sempit tampak lebih lebar. Cermin itu juga mengarahkan energi chi di ruangan sehingga ruangan terasa lebih lebar.
Cermin di ruang masuk. Kalau di depan pintu masuk ada tangga, letakkan cermin cembung untuk memantulkan energi chi masuk kembali ke dalam rumah. Taruh cermin datar lebar di samping pintu agar Anda bisa melihat sekeliling pintu begitu membukanya.
Kalau cermin disambung, sembunyikan sambungannya dengan pita, garis, kayu atau tanaman. Sambungan akan mendistorsikan pemantulan sehingga menganggu aliran alami chi. Akibatnya, ruangan itu tak nyaman dipakai untuk istirahat. Jadi, hindari cermin kota-kotak. Pemantulan yang terkotak-kotak menyebabkan chi terganggu.
Cermin sebaiknya berukuran cukup besar sehingga Anda dapat melihat seluruh wajah dengan mudah atau kalau cermin itu panjang, Anda dapat melihat ke seluruh tubuh. Ketika memasang usahakan agar bayangan kepala dalam cermin tidak terpotong.
Cermin jangan menghadap Anda ketika tidur. Karena sewaktu tidur Anda mengeluarkan pikiran dan emosi yang tidak diinginkan bersama chi yang keluar dari tubuh Anda. Cermin dapat memantulkan kembali chi yang jelek itu ke arah Anda.
Selain itu, jangan pernah menggantungkan cermin saling berhadapan karena energi chi akan maju mundur dan tidak bisa bergerak lagi. Hindari memasang cermin di ambang jendela karena akan membingungkan aliran chi yang masuk ke jendela. Jangan meletakkan cermin di depan jendela atau pintu karena bisa memantulkan kembali chi yang masuk ke dalam rumah. Jaga kebersihan cermin. Ganti segera cermin yang pecah atau retak. Bila tidak, buang saja! (Tri Wahyuni)

Karpet Cerminkan Energi Ruangan

Feng shui lantai rumah berhubungan erat dengan fondasi hidup Anda. Prinsip itu memiliki konotasi feng shui. Sehubungan dengan dekorasi interior pribadi, ada beberapa aturan dasar tentang karpet yang bisa dipadukan dengan dekorasi rumah.
Pertama, biarkan karpet Anda menyatu dengan unsur ruangan tempat beradanya karpet itu. Itu bergantung pada sudut arah kompas ruangan tempat karpet itu. Unsur pengatur membantu Anda memilikih warna, bentuk dan kombinasinya untuk karpet Anda.
Kedua, kecuali karpet dinding ke dinding, biarkan karpet mencerminkan bentuk umum ruangan sehingga dapat menciptakan keseimbangan dan harmoni. Gambar di atas menunjukkan karpet yang mencerminkan energi ruangan yang memungkinkan fondasi ruangan sejalan dengan bagian ruangan lainnya. Itu menyatakan karpet persegi selalu disukai dibandingkan karpet bundar atau oval.
Ketiga, jangan memiliki karpet yang memiliki pola dan desain ramai. Itu akan membingungkan energi. Karpet yang memiliki detail halus dan indah, misalnya, karpet Persia, tidak disarankan karena termasuk dalam kategori itu. Desain abstrak dapat menciptakan kepastian yang pada gilirannya dapat menciptakan masalah.
Akhirnya, jangan menempatkan karpet di dinding. Objek yang biasanya di hubungkan dengan dasar lebih baik jika ditempatkan di dasar. Petunjuk itu khususnya penting diperhatikan bila banyak orang telah menginjak karpet yang indah itu di toko.
Jika karpet itu adalah karya seni antik yang sejarahnya tidak Anda ketahui, Anda perlu lebih berhati-hati. Menggantungkan karpet seperti itu di dinding atau memberi tempat kehormatan baginya di ruang tamu dapat membawa vibrasi negatif ke dalam rumah. Jadi, berhati-hatilah!
Hal lain yang harus diperhatikan terkait dengan fondasi rumah adalah lantai. Hindari lantai bertingkat di dalam rumah, karena dapat menyebabkan masalah, terutama kepala keluarga. Energi tidak stabil yang ada dapat menyebabkan kesialan dan kemalangan berbeda.
Jika Anda tinggal dalam rumah berlantai ganda dan Anda tidak dapat pindah, Anda perlu menciptakan energi dasar untuk menstabilkan lingkungan meresahkan yang ada.
Perbaikan yang bisa Anda lakukan adalah dengan membawa banyak tanmaan dekorasi ke dalam rumah. Itu akan meningkatan kekuatan chi kayu karena energi kayu mengendalikan energi tanah. Hal itu memastikan lingkungan yang lebih stabil dan membumi di dalam rumah.
Selain itu, tanaman dekorasi akan melambangkan pengiriman akar ke dalam tanah dan menciptakan kestabilan untuk feng shui rumah. Perbaikan itu adalah cara terbaik untuk mengatasi energi dasar yang tidak stabil yang dihasilkan oleh lantai bertingkat bertingkat.
Selalu ingat bahwa tingkat terbawah harus digunakan untuk ruang tamu, sedangkan yang lebih tinggi harus digunakan untuk ruang makan. (Tri Wahyuni)

Membagi Ruangan Perlu Hati-hati

Hal yang penting dalam ilmu feng shui adalah membagi ruangan sedemikian rupa sehingga sektor yang menguntungkan tidak pernah disia-siakan atau menjadi lebih buruk akibat diganggu oleh toilet atau lemari penyimpanan. Sebaliknya, sektor menguntungkan harus ditempati oleh kepala keluarga atau putra/putri penerus keluarga.
Namun, harus diingat, penempatan ruangan dalam rumah harus mencerminkan aspirasi keluarga. Dari semua ruangan di rumah, mungkin yang paling penting adalah kamar tidur utama-- dan juga kantor rumah bila Anda bekerja di rumah. Alasannya adalah ruangan yang paling banyak digunakan harus memiliki feng shui terbaik. Hanya dengan begitulah, keluarga dapat mengambil keuntungan dari feng shui yang baik dari rumah.
Inti feng shui yang baik selalu berhubungan dengan aliran energi positif. Energi bagus selalu mengalir pelan dan berliku. Sedangkan energi yang tajam selalu bergerak cepat dan dalam satu garis lurus.
Sifat baik dan buruk dari aliran chi itu berlaku sama dalam lingkungan yang lebih luas, maupun dalam lingkungan yang lebih kecil dari rumah tinggal. Anda wajib mengatur furniture sedemikian rupa sehingga chi yang memasuki ruang datang dengan perlahan tetapi positif. Chi harus selalu dibiarkan melambat, berliku, berputar dan berkumpul. Chi yang memasuki rumah tidak boleh secara terburu-buru. Itu dapat terjadi bila chi datang dari jalan masuk panjang dan lurus menuju pintu rumah atau berasal dari koridor lurus panjang dimuka pintu apartemen.
Harus diperhatikan pula untuk memastikan bahwa chi tetap bergetar, yakni tidak boleh dibiarkan mampat. Itu terjadi bila ruangan dibiarkan kosong atau tidak dihuni dalam waktu yang lama. bila ada barang yang berserakan atau bila jendela tidak pernah dibuka sehingga bau sumpek tercium. Ruangan yang tak pernah dibersihkan juga cenderung menciptakan energi basi.
Begitu Anda memahami bagaimana chi bergerak dan berputar, Anda akan mampu menerapkan prinsip aliran chi ke dalam tata letak rumah Anda dan penataan furniture. Selalu miliki furniture utama di setiap ruangan dan cobalah menempatkannya sehingga chi yang memasuki rumah didorong untuk bergerak di sekitar furniture.
Chi mula-mula memasuki rumah melalui pintu kedua, jendela dan pintu belakang. Di dalam ruang tamu, chi bergerak lembut melalui ruang terbuka dan berhenti bila ada sepotong furniture atau benda dekorasi atau tanaman. Semakin banyak chi yang dibiarkan berkelok dan berbelok akan semakin baik.
Pintu-pintu penting di dalam rumah tidak boleh saling berhadapan karena hal itu menciptakan aliran energi lurus bukan berkelok. Kadi, biarkan chi berputar lembut sebelum bergerak lagi. Chi bagus selalu halus dan lambat dan mengisi udara dengan energi yang bersih dan jernih.
Tata letak ruangan yang bentuknya ganjil sering menyebabkan keberuntungan penghuni tidak jelas dan tidak stabil. Untuk memperbaiki keberuntungan, bentuk itu harus dibuat teratur dengan penempatan furniture yang cerdik dan menggunakan warna lantai dan dinding, serta pencahayaan untuk menciptakan perspektif berbeda. Berusahalah untuk membuat penampilan ruangan Anda teratur dengan dekorasi interior agar membuatnya lebih baik.
Pilihlah selalu bentuk simetris yang teratur. Dalam istilah feng shui, segala sesuatu yang tidak teratur atau asimetris selalu menyatakan bahwa ada sesuatu yang hilang atau tidak lengkap. Jadi, bujur sangkar penuh selalu lebih baik dibanding persegi sempit. Lingkaran penuh lebih baik daripada setengah lingkaran. Ketidakteraturan kecil di sudut ruangan juga tidak disarankan.
Bentuk bujur sangkar sempurna --yang merupakan unsur tanah-- ideal untuk ruang makan dan meja makan, karena bukan hanya itu mencerminkan stabilitas dari energi tanah tetapi stabilitas dari energi tanah yang juga diwakili Ibu. Energi dari bentuk bujur sangkar itu sangat seimbang dan sangat bagus untuk keharmonisan keluarga. (Tri Wahyuni)

Menarik Chi Keberuntungan
di Ruang Duduk


Ruang duduk penting bagi keluarga. Di ruang itu terdapat kegiatan yang sangat beragam. Anda menjamu tamu, mengadakan pesta dan merayakan acara keluarga di sana. Di sana pula sering Anda bersantai setelah seharian bekerja, membaca buku, menonton televisi atau mendengarkan musik.
Biasanya ruang duduk adalah ruang yang paling besar. Luas ruangan penting untuk keberhasilan fungsi ruang itu. Energi chi bisa mandek di ruang yang sesak dan sempit. Kalau ruang duduk Anda terlalu kecil, satukan dengan ruang yang ada di dekatnya.
Energi chi akan bergerak lebih leluasa di ruang yang besar dibanding kecil. Gunakan cermin kalau mungkin untuk menyesuaikan proporsi ruangan dan memberi efek lebih luas. Ruangan yang panjang, sempit dan berbentuk L dapat diperbaiki dengan cara itu.
Hal-hal yang harus dihindari di ruang duduk, antara lain penggunaan tanaman yang berdaun lancip. Daun yang lancip dan tajam menghasilkan chi memotong. Jadi tanaman seperti palem dan ubi jangan dipakai di ruang duduk, kecuali ruangnya luas dan bisa diletakkan jauh dari area duduk.
Untuk mencegah agar energi chi tidak mandek, jagalah ruang duduk agar tidak berantakan dan tidak terlalu banyak obyek dekoratif. Bagian tengah ruangan haruslah cukup lapang. Pakailah perabot sedikit mungkin. Perabot berlebihan menghambat chi bergerak.
Gunakan tirai tertutup agar cahaya matahari dapat masuk ke dalam ruangan. Bukalah tirai selebar mungkin di siang hari.
Waspadai sudut menonjol. Sudut itu dapat menyebabkan chi memotong. Jadi, tutup dengan tanaman rimbun yang tinggi atau lapisi dengan kain.
Selain itu, bagaimana menempatkan atau mengatur letak perabot juga memainkan peran penting untuk mendapatkan chi keberuntungan. Kadang, tanpa kita sadari, lemari pajangan tinggi di ruang duduk menelan pintu masuk ke dalam ruangan sehingga menghambat aliran chi. Begitupun dengan posisi meja yang ujungnya mengarah ke pintu masuk, hal itu sama saja dengan mengirimkan chi berbahaya dan mengganggu ke luar.
Sofa ruang tamu biasanya punya meja kopi berbentuk kotak atau persegi panjang di tengah dan itu menyimbolkan tanah kemudian unsur kayu dan seterusnya. Hindari pengaturan sofa berbentuk L atau U karena hal itu menyebabkan ada bagian yang tidak lengkap atau hilang.
Pengaturan sofa mengelilingi meja kopi dan kemudian menempatkan meja-meja kecil di sisi sofa sehingga bisa membentuk delapan sisi Pa Kua. Pengaturan itu menciptakan jalinan sosial dan jaringan keberuntungan bagi keluarga. Hal itu mendatangkan keberuntungan, kemakmuran dan hubungan baik sesama anggota keluarga. Juga dianggap sebagai pengaturan komplet karena tidak ada bagian yang hilang. Tempatkan lemari tinggi untuk menutupi dinding yang solid, kecuali jika lemari tersebut digunakan sebagai penyekat atau digunakan sebagai alat feng shui. Khususnya, lemari tinggi itu sangat baik dan efektif sebagai penghalang jika ada tiga pintu dalam satu garis lurus.
Sebaliknya, lemari tinggi jangan sampai menghalangi aliran energi ke setiap ruangan tanpa adanya pendukung di belakangnya. Jika lemari tersebut ada kacanya, periksa pada kaca tersebut apaka yang dipantulkannya. Tabu besar jika kaca tersebut memantulkan kamar mandi, pintu utama dan tangga. Jika yang dipantulkan makanan atau taman yang indah melalui jendela, pengaruhnya tidak berbahaya.
Perabot baru lebih disarankan dibanding perabot antik, kecuali Anda benar-benar memahami asal usul dari perabot antik tersebut. Bukan ide bagus untuk membawa perabot kuno ke dalam rumah karena hal tersebut bisa mengumpulkan energi buruk yang sangat banyak atau energi tragis.
Perabot antik biasanya punya energi apek mengelilingi mereka dan energi kuno itu tidak akan bisa membaur dengan keharmonisan antara perabot lain yang Anda miliki. Yang lebih buruk, beberapa jenis perabot kuno punya energi berbahaya. Tempat tidur antik, khususnya sofa opium perlu dicurigai.
Jika ingin punya lemari satu atau dua di ruang duduk, ingatlah bahwa lemari punya jenis bermacam-macam, dari yang bergaya paling modern menggunakan bahan kayu dan kayu kenari sampai lemari oriental berbahan kayu hitam atau rosewood. Apapun model yang Anda pilih, pastikan bahwa mereka tidak terlihat kaku dan sebaiknya sudut-sudutnya bulat dan tidak mengancam.
Hindari lemari ukir yang berat dan dengan dekorasi binatang buas. Energi dari lemari yang berat akan menelan rumah yang kecil. Lebih baik memilih dekorasi perabot dengan garis simpel. Lemari dengan desain silang, berlian atau bentuk menunjuk lainnya, tidak membawa keberutungan bagi pemiliknya.
Jika ingin membeli perabot, ingatlah selalu bahwa sesuatu yang mengancam dapat menyakiti feng shui Anda secara tidak sengaja. Pedomannya adalah perabot dengan ujung yang tidak mengancam adalah baik. Juga bahwa setiap perabot yang setiap hari dapat menyembunyikan kekacauan adalah baik. Jadi pilih perabot yang punya pintu daripada yang berbentuk rak-rak saja. (Tri Wahyuni)

Mengatur Ruang Kerja di Rumah

Bekerja di rumah memberi banyak keuntungan. Anda dapat mengatur sendiri tahapan kerja dan bagaimana pengerjaannya. Selain itu, Anda juga lebih bisa mengatur lingkungan kerja. Anda bisa memilih di mana Anda duduk, jenis pencahayaan yang cocok, bentuk meja dan sebagainya.
Selain itu, bekerja di rumah juga memberi kesempatan pada Anda untuk membuat rancangan yang dapat meningkatkan produktivitas dan keefektifan, agar Anda bisa meraih kesuksesan yang Anda tuju. Segala sesuatu di ruangan harus mendukung, bukan melawan Anda.
Banyak orang menggunakan kamar tidur sebagai kamar kerja. Dalam pandangan feng shui, adalah sulit menciptakan lingkungan yang sesuai untuk tidur sekaligus kerja. Karena kebutuhan kedua hal itu berlawanan. Karena itu, sebaiknya gunakan ruangan terpisah sebagai kantor, atau tempatkan ruang kerja Anda di ruang duduk.
Salah satu tantangan untuk kantor di rumah, studio atau ruang kerja yang modern adalah menyeimbangkan radiasi elektrik dari berbagai peralatan elektronik dengan energi chi yang lebih alami. Posisi meja dan kursi terhadap komputer, printer, telepon, mesin fak dan mesin foto kopi adalah vital. Begitu juga dengan arah benda-benda itu di dalam ruangan.
Posisi ideal untuk kantor di rumah adalah timur, tenggara, selatan dan barat laut rumah Anda. Setiap posisi mempunyai kebaikan, tergantung pada jenis bisnis atau tingkat karir Anda.
Timur mempunyai energi chi yang membantu Anda menjadi lebih sibuk, aktif, terfokus dan dapat mewujudkan ide menjadi kenyataan. Itu adalah posisi terbaik untuk memulai bisnis baru, atau mengawali suatu karir. Energi chi di tenggara begitu juga, tetapi lebih lunak. Energi itu baik untuk komunikasi dan perkembangan serta pertumbuhan bisnis yang harmonis.
Energi chi yang berapi-api di selatan akan membantu Anda lebih memperhatikan bisnis Anda, dan akan lebih menggiring Anda untuk meraih pengakuan atas kesuksesan Anda. Kalau sukses Anda ada di mata publik, selatan adalah tempat yang baik untuk kantor Anda.
Barat laut ideal untuk kepemimpinan, organisasi dan untuk mendapatkan serta mempertahankan rasa hormat dari orang lain--kualitas yang membantu kalau Anda bekerja dengan atau membawahi sebuah tim.
Atmosfer ideal untuk kantor adalah sibuk dan bersemangat, tetapi tidak menimbulkan stress. Ruang itu harus membuat Anda gembira selama berjam-jam. Karena itu, perlengkapan kantor di ruamh harus lebih bersifat Yang, tetapi seimbangkan dengan elemen yang lebih tenang bersifat Yin.
Ruang kerja biasanya mempunyai banyak barang-- kertas, file, buku dan sebagainya. Buatlah rak dalam jumlah yang cukup agar kertas Anda terlihat rapi dan teratur. Hindari juga kemandekan chi karena keadaan yang berantakan. Sebaiknya rak dan lemari dalam keadaan tertutup.
Meja kerja dan perlengkapannya berpengaruh pada produktivitas Anda. Meja besar akan membantu Anda merasa bermartabat dan kuat. Selain itu, meja seperti itu, mengandung kesan bahwa Anda mempunyai keleluasaan untuk berkembang. Meja kecil yang penuh bisa membuat Anda tegang dan merasa langkah Anda terhalang.
Meja bundar atau oval bisanya lebih disarankan daripada meja bujur sangkar atau persegi panjang. Kedua meja yang disebut pertama itu lebih rileks untuk pekerjaan yang makan waktu lama. Dan karena tidak mempunyai sudut tajam, chi memotong tidak terbentuk.
Meja kayu menunjang aliran energi chi yang alami, membuat Anda merasa betah di rumah. Kayu lunak bersifat yin seperti pinus menumbulkan perasaan rileks, sedangkan kayu keras seperti jati dan mahoni bersifat formal. Kaca bersifat memberi rangsangan semangat, tetapi untuk pekerjaan yang membutuhkan waktu lama sebaiknya digunakan kayu.
Anda harus memperhitungkan kebutuhan orang lain, selain kebutuhan pribadi. Bila ada beberapa orang bekerja di ruangan yang sama dan merupakan satu tim, atur kursi-kursinya dalam posisi yang harmonis. Biasanya, yang terbaik adalah meja-meja ditata menghadap pusat ruangan.
Kalau Anda biasa melakukan rapat di rumah, atur kursi-kursinya agar tamu Anda merasa nyaman bekerja dengan Anda. Kalau ruangan kerja tersebut cukup besar, cobalah membuat sekat atau raungan rapat khusus. Prinsip-prinsipnya mirip dengan pengaturan tempat tamu pada saat perjamuan makan malam atau ruangan tamu. Setiap arah harus mempunyai karakteristik khusus yang menonjolkan kualitas setiap oang yang duduk di posisi tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar